MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X MIPA U2 SMAN 1 CAWAS KABUPATEN KLATEN PADA PELAJARAN FISIKA MATERI GERAK LURUS DENGAN MENERAPKAN STRATEGI PEMBELAJARAN BUZZ GROUP DI SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018/2019

lilik hartanto

Sari


Beberapa peserta didik merasa bahwa Fisika adalah pelajaran yang membosankan. Peserta didik kelas X MIPA U2 SMANegeri 1 Cawas Kabupaten Klaten kurang konsentrasi saat proses pembelajaran berlangsung. Hal tersebut berakibat pada rendahnya nilai rata-rata peserta didik di ulangan harian. Data menunjukkan bahwa hanya 44% peserta didik yang tuntas KKM. Upaya yang dilakukan oleh guru untuk mendongkrak pembelajaran Fisika adalah menggunakan strategi pembelajaran Buzz Group. Strategi pembelajaran Buzz Group adalah strategi belajar di mana peserta didik bekerja berpasangan dan secara lisan mengikhtisarkan bagian-bagian dari materi yang dipelajari. Indikator keberhasilan peningkatan pembelajaran peserta didik pada penelitian ini dilihat dari 75% peserta didik tuntas KKM (dengan nilai 67). Hasil penelitian yang didapat dari data tes memperlihatkan bahwa pada prasiklus terdapat 44% (16 orang) peserta didik tuntas KKM. Pada siklus 1 terdapat 61% (22 orang) peserta didik tuntas KKM sehingga siklus dilanjutkan. Kemudian pada siklus 2 terdapat 83% (30 orang) peserta didik tuntas KKM sehingga siklus dihentikan. Data tersebut memperlihatkan terjadi peningkatan dari prasiklus sampai siklus 2. Dan Keberhasilan penelitian sesuai dengan indikator keberhasilan didapat saat siklus 2, yaitu 83% peserta didik tuntas KKM. Nilai rata-rata unjuk kerja peserta didik di setiap siklus mengalami kenaikan. Pada prasiklus nilai rata-rata peserta didik adalah 64,2 atau di bawah KKM. Pada siklus 1 nilai rata-rata peserta didik adalah 66,7. Pada siklus 2 nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 76,4 atau di atas KKM.

 

 

Kata kunci: Fisika, Kelas X, Hasil Belajar, Buzz Group


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


A.M, Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Ahmad, Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Barkley, Elizabert E. K. Patricia Cross, dan Claire Howell Major. 2012. Collaborative Learning Techniques. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Iskandar. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial. Jakarta: Referensi.

Rusman. 2013. Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2014. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

.


Article Metrics

Sari view : 10 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.