Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Radiasi Benda Hitam Kelas XII MIPA 1 SMAN 1 Cawas Kabupaten Klaten Melalui Model Pembelajaran Learning Tournament di Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018

agus narimo

Sari


Mata pelajaran Fisika dianggap peserta didik merupakan pelajaran yang susah dan membosankan. Peserta didik kelas XII MIPA 1 SMAN 1 Cawas Kabupaten Klaten merasa tidak bisa menyelesaikan persoalan yang ada di mata pelajaran Fisika. Peserta didik tidak bisa memahami materi pelajaran yang disampaikan oleh guru. Peserta didik merasa pelajaran Fisika sangat rumit untuk dipahami dan soal-soal yang sulit untuk diselesaikan. Hal tersebut berakibat pada rendahnya nilai peserta didik di ulangan harian. Data menunjukkan bahwa hanya 47% peserta didik yang tuntas KKM. Model pembelajaran Learning Tournament adalah model pembelajaran yang menggabungkan satu kelompok belajar dan kompetensi tim, dan dapat digunakan untuk mengembangkan pelajaran atas macam-macam fakta, konsep dan keahlian yang luas. Dalam tipe Learning Tournament ini siswa dibagi menjadi beberapa tim. Setiap siswa dalam tim bertanggungjawab menjawab pertanyaan dari guru. Indikator keberhasilan peningkatan pembelajaran peserta didik pada penelitian ini dilihat dari 75% peserta didik tuntas KKM (dengan nilai 75). Hasil penelitian yang didapat dari data tes memperlihatkan bahwa pada prasiklus terdapat 47% (15 orang) peserta didik tuntas KKM. Pada siklus 1 terdapat 59% (19 orang) peserta didik tuntas KKM sehingga siklus dilanjutkan. Kemudian pada siklus 2 terdapat 78% (25 orang) peserta didik tuntas KKM sehingga siklus dihentikan. Data tersebut memperlihatkan terjadi peningkatan dari prasiklus sampai siklus 2. Dan keberhasilan penelitian sesuai dengan indikator keberhasilan didapat saat siklus 2, yaitu 78% peserta didik tuntas KKM.

 

Kata kunci: Pelajaran Fisika, Kelas XII, Hasil Belajar, Learning Tournament.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

A.M, Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Agung, Iskandar. 2012. Panduan Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru. Jakarta: Bestari Buana Murni.

Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2014. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kurniawan, Heru. 2014. Pembelajaran Menulis Kreatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2017. Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rasyid, Harun dan Mansur. 2012. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: CV. Wacana Prima.

Silberman, 2013. Pembelajaran Aktif 101 Strategi untuk Mengajar Secara Alami. Jakarta: Permata Puri Media.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rhineka Cipta.

Sudjana, Nana. 2014. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Syah, Muhibbin. 2017. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Sari view : 10 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.