PENINGKATAN HASIL BELAJAR KIMIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA POKOK BAHASAN TERMOKIMIA

bening pamularsih

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kimia peserta didik pada pokok bahasan termokimia di kelas XI MIPA Unggulan 1 semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning.

Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan 2 siklus, dimana setiap siklus 2 kali pertemuan dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi pada setiap siklus. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah peserta didik kelas XI MIPA Unggulan 1 SMA Negeri 1 Cawas semester 1 tahun pelajaran 2017/2018. Metode pengumpulan data dengan tes awal, tes akhir, dan observasi.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Discovery Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan termokimia. Pada siklus I, persentase keaktifan peserta didik sebesar 75,26% meningkat pada siklus II menjadi 87,63%. Peningkatan hasil belajar dilihat dari aspek pengetahuan pada tahap pra siklus ketuntasan klasikal sebesar 25%, pada siklus I ketuntasan klasikal sebesar 81,25%, dan pada siklus II sebesar 93,75%.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alma, Buchari, dkk. 2010. Guru Profesional Menguasai Metode dan Terampil Mengajar. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Dimyati dan Mudjiono.2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : PT Rineka Cipta

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Puspitadewi, R., Agung, N.C.S, & Ashadi. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIA 3 Semester Genap SMA N 1 Teras Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 5 (4), 114-119

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Rajawali pers

Syah, Muhibbin. 2010. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Article Metrics

Sari view : 14 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.