PENINGKATAN HASIL BELAJAR SEJARAH KERAJAAN HINDU-BUDHA DENGAN METODE MAKE A MATCH SISWA SMAN 1 KARANGDOWO

rini mardikaningsih

Sari


Pembelajaran Sejarah di kelas XI IPS 3 SMAN 1 Karangdowo, pada kenyataannya belum sesuai dengan harapan.  Masih banyak ditemui proses pembelajaran yang   belum   berpusat   pada   siswa.   Guru mendominasi pembelajaran sehingga siswa cenderung kurang aktif, siswa  hanya  sebagai  pendengar  pasif.  Aktivitas belajar siswa yang rendah  juga dapat berpengaruh terhadap hasil belajar yang diperoleh. Siswa yang pasif saat proses pembelajaran kurang dapat menangkap materi pelajaran. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar sejarah Kerajaan Hindu-Budha siswa kelas XI IPS 3 SMAN 1 Karangdowo, melalui model pembelajaran Make A Match. Hasil penelitian menunjukkan dimulai prasiklus terdapat 14 siswa tuntas (40%) dengan nilai rata-rata 62. Siklus I terdapat 21 siswa tuntas (60%) dengan nlai rata-rata 70. Siklus II menunjukkan 30 siswa tuntas (86%) dengan nilai rata-rata 80. Dengan demikian model pembelajaran Make A Match berhasil meningkatkan hasil belajar Sejarah Kerajaan Hindu-Budha  pada siswa kelas XI IPS 3 SMAN 1 Karangdowo, Klaten semester gasal tahun pelajaran 2018/2019.

Kata kunci: Make A Match, Sejarah, Hasil Belajar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Aqib, Zainal, 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya

Jihad, A. dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Miftahul Huda. (2014). Cooperative Learning: Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyatiningsih, Endang. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Penerpit Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2016. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media.

Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Tisha Fatimasari, 2017, Penerapan Pembelajarn Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan TKJ Kelas X TKJ SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta


Article Metrics

Sari view : 6 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.