Computer Based Instruction Model Drill Tingkatkan Hasil Belajar TIK Materi Rumus Dan Fungsi Dalam Microsoft Excel

Tri Samini

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mempelajari materi Rumus dan fungsi di Microsoft Excel. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS-1 SMA N 1 Karangdowo Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian di desain melalui dua siklus dengan tahaban perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil tes obyektif yang hasilnya menunjukkan perbedaan hasil nilai tiap siklusnya yang hasilnya bahwa penggunaan Computer Based Instruction (CBI) model Drills dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPS – 1 SMA N 1 Karangdowo. Rumusan masalah kedua, peneliti menggunakan instrumen berupa observasi siswa yang hasilnya menunjukkan tingkat aktivitas siswa lebih baik setelah menggunakan  Computer Based Instruction (CBI) model Drills. Rekomendasi yang dapat peneliti berikan kepada (1) Siswa; agar lebih banyak berlatih menggunakan CBI model Drills untuk meningkatkan hasil belajar. (2) Guru, Guru diharapkan mau memaksimalkan semua media yang terkait dengan materi yang akan diajarkan. (3) Kepala Sekolah, untuk membuat kebijakan pengembangan media pembelajaran untuk semua mata pelajaran, dan (4) Peneliti, dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai referensi untuk penelitian yang lebih baik.

Kata kunci : Computer Based Instruction, Model Drill, Hasil belajar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara. Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Djamarah, S & Aswan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.

Rineka Cipta.

Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Kusumah, Wijaya & Dedi Dwitagama. 2011. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Indeks.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumiati & Asra. 2008. Metode Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

Widada. 2010. Mudah Membuat Media Pembelajaran: Multimedia Interaktif untuk Guru & Profesional.Yogyakarta: Pustaka Widyatama.


Article Metrics

Sari view : 8 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.