IMPLEMENTASI MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA

Esti Hidayati

Sari


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan minat dan  hasil belajar siswa melalui pembelajaran matematika di MTs Negeri 5 Gunungkidul yang  berjumlah 23 siswa dengan menerapkan model Discovery Learning. Penelitian ini merupakan  penelitian  tindakan  kelas, masuk kategori action research. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Tindakan siklus 1 dan siklus 2 menggunakan  tindakan pembelajaran dengan model Discovery Learning. Data diperoleh melalui observasi langsung pada saat guru melaksanakan proses pembelajaran dikelas. Analisis data dilakukan secara interaktif melalui proses data reduction, display data dan verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dilaksanakan  melalui dua siklus. Setelah  menggunakan  model Discovery Learning, kemampuan siswa mengalami peningkatan. Siklus I berhasil meningkatkan minat dan hasil belajar matematika siswa, ada 14 siswa yang minat belajar dan 16 siswa yang tuntas dengan nilai diatas KKM yaitu 70. Siklus 2 berhasil  meningkatkan  minat dan hasil belajar  matematika siswa sebanyak 20 siswa yang  minat dan 20 siswa yang nilainya diatas KKM. Dengan demikian antara siklus 1 dan sikus 2 terjadi peningkatan minat dan hasil belajar matematika.

Kata kunci : Discovery Learning, minat belajar, hasil belajar.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsini. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta.Bumi Aksara.

Gunawan. 2018. Pembelajaran Jaman Now.

Kemendikbud.2013. Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Yatim Riyanto. 2001. Metodologi Penelitian Sosial-Agama. Bandung: Remaja Rosda Karya.


Article Metrics

Sari view : 20 times
PDF - 7 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.