OPTIMALISASI PENGUASAAN MATERI PELUANG MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

sri wahyuni

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang optimalisasi penguasaan materi Peluang melalui pendekatan problem based learning dalam pembelajaran Matematika  siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Ceper  Klaten semester Gasal tahun pelajaran 2016/2017. Subjek dan sumber data penelitian adalah sebanyak 25 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data menggunakan analisis kritis dan komparatif. Indikator keberhasilan menggunakan KKM sebesar 63 dan target ketuntasan kelas 100%. Prosedur penelitian menggunakan siklus. Data yang diperoleh  prasiklus hingga siklus II, diperoleh kemajuan guru dalam pembelajaran, pada prasiklus sebesar 52,9%, siklus I sebesar 67,1% , siklus II sebesar 97,1%. Dari data ini menunjukkan bahwa ada kemajuan  prasiklus ke siklus I sebesar 14,2%,  siklus I ke siklus II terjadi kenaikan sebesar 30% serta  prasiklus ke siklus II sebesar 44,2%.  Persentase optimalisasi motivasi  tahap prasiklus diperoleh sebesar 64%, siklus I sebesar 87,5%, siklus II sebesar 100%. Dengan demikian,  ditegaskan bahwa  terjadi kenaikan prasiklus ke siklus I sebesar 42,5%, siklus I ke siklus II terjadi kenaikan sebesar 35%,  prasiklus ke siklus II terjadi kenaikan sebesar 67,5%. Dengan demikian, motivasi siswa dalam pembelajaran Matematika dari prasiklus hingga siklus II terjadi kenaikan yang signifikan.

Kata kunci :         Pendekatan Problem Based Learning, Pembelajaran Matematika, SMA.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abbas, Nurhayati. 2000. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem-Based Instruction). Program Studi Pendidikan Matematika Program pascasarjana. UNESA.

Dahar, R.W (1996). Teori-teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi Kedua. Jakarta : Balai Pustaka

Hamalik, Oemar. 2004. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Hudojo, Herman. 2002. Representasi Belajar Berbasis Masalah. Jurnal Matematika atau Pembelajarannya. Tahun VIII, Edisi Khusus Juli 2002. Malang : Universitas Negeri Malang

Moleong, Lexy J. 2003. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, E. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakter, dan Implementasinya. Bandung : Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press.

Novick, L.R. and K.J.Holyoak. 1991. Mathematical Problem Solving byAnalogy.Journal of Experimental Psycology : Learning, Memory, and Cognition, 17, 398-415.

Sa’dijah, 2006. Aspek Pemahaman Konsep. http://nizland.wordpress.com.

Suwandi, Sarwiji. 2009. Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru : Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta : UNS.


Article Metrics

Sari view : 6 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.