METODE “KIMLA” MENINGKATKAN PRESTASI DAN KEAKTIFAN BELAJAR KIMIA

Happy Setyawati

Sari


Tujuan penelitian  untuk meningkatkan prestasi dan keaktifan belajar kimia dengan menggunakan metode “ KIMLA “ adalah metode pembelajaran kooperatif dengan media menggunakan  lagu mengambil materi Sistem Periodik Unsur  semester I tahun ajaran 2018/2019  siswa SMA Negeri 1 Ceper. Penelitian dilakukan pada siswa kelas X MIPA 1 sebanyak  28 siswa yaitu  12 pria dan 16 wanita. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas melalui 2 siklus, setiap  siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh dari hasil pretest dan postest di setiap siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan, setiap pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran ( 2 x 45 menit)Penerapan metode KIMLA mengalami peningkatan keaktifan siswa, yaitu pembelajaran Pra tindakan diperoleh 35,7% dan  Siklus I mengalami kenaikan menjadi 85,7% dan Siklus II  mencapai 96,4%. Penerapan metode Pembelajaran KIMLA mengalami peningkatan prestasi belajar, pembelajaran pratindakan diperoleh rata rata nilai  29,7, siklus I diperoleh rata rata  postest sebesar 64,7 dan  siklus II semua siswa memperoleh nilai di atas KKM 100%  dengan  rata rata nilai 79.

Kata Kunci : metode KIMLA, prestasi dan keaktifan belajar, kimia

 

"KIMLA" METHOD IMPROVE ACHIEVEMENT AND ACHIEVEMENT OF 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Depdikbud, 1981. Petunjuk Praktikum Ilmu Kimia, Jakarta : Depdikbud.

Gagne dan Briggs. 1979. Pengertian Pembelajaran. https://www.scribd.com/doc/50015294/13/B- Pengertian -Pembelajaran-menurut-Beberapa-Ahli. Diakses pada tanggal 7 januari 2019 pukul 13.00WIB

Hamalik, Oemar. 2004. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Ibnudin in edukasi, https://ibnudin.net di akses pada 12 januari 2018 pukul 15.15WIB

Ismawati Esti, 2016. Metode Penelitian. Edisi Revisi. Yogyakarta:Penerbit Ombak.

Mulyasa, 2013. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosdakarya.

Sudarmo Unggul, 2013. Kimia Untuk SMA/MA Kelas X Berdasarkan Kurikulum 2013, Jakarta: Penerbit Erlangga.

Triyono, 2016. Merancang dan Melaksanakan Penelitian Tindakan Kelas. Klaten: UnWidha.

Beda Strategi, Model, Pendekatan, Metode, dan Teknik Pembelajaran (hxxp://smacepiring.wordpress.com/).Di akses pada 7 januari 2018 pukul 13.00 WIB.


Article Metrics

Sari view : 8 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.