PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN GAMBAR DAN CD TERHADAP HASIL BELAJAR SENI DITINJAU DARI MINAT BELAJAR

Devinda Hayu Puspitasari

Sari


Tujuan penelitian untuk mengetahui perbedaan pengaruh media pembelajaran gambar dan CD terhadap hasil belajar seni, mengetahui perbedaan minat belajar tinggi, sedang, dan rendah terhadap hasil belajar seni, mengetahui interaksi perbedaan pengaruh media pembelajaran gambar dan CD terhadap minat belajar seni. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Desain penelitian adalah factorial design 2x3. Populasi yaitu siswa SMA Sholihin Bandongan. Sampel yaitu siswa kelas XI IPA, XII IPA, XII IPS. Instrumen penelitian adalah instrumen tes untuk mengukur hasil belajar dengan skala penilaian berupa rubrik sesuai aspek keterampilan, instrumen nontes berupa angket dengan alternatif jawaban untuk mengukur minat belajar. Teknik pengumpulan data yaitu teknik paper and pencil berupa lembar kerja siswa dalam menampilkan karya, teknik penyebaran angket minat belajar. Hasil penelitian menunjukkan rata rata nilai XI IPA 72.50 dan XII IPA 77.00 berarti ada pengaruh media pembelajaran gambar dan CD terhadap hasil belajar. Kelas XI IPA dan XII IPA sebagian besar memiliki minat belajar tinggi terbukti dengan hasil belajar tuntas. Kelas XII IPS ada yang memiliki minat belajar rendah terbukti dengan hasil belajar tidak tuntas. Siswa XI IPA dan XII IPA menerima pengaruh baik setelah guru memberikan media pembelajaran gambar atau CD sehingga mengundang minat belajar terhadap pelajaran seni.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Belajar Seni, Minat Belajar

 


Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 7 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.