RASA INGIN TAHU PADA PENILAIAN SIKAP

Arif Rudiyanto

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrument penilaian sikap rasa ingin tahu pada pembelajaran mapel TIK. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan (Research & Developmen). Penelitian ini mengguakan model Borg and Gall terdiri sepuluh langkah yaitu studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan desain, Uji coba terbatas, Revisi hasil uji lapangan terbatas, uji produk, revisi hasil uji produk, uji kelayakan, revisi final, serta desimilasi dan implementasi produk akhir. Pengembangan penyusunan instrumen penilaian sikap rasa ingin tahu dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut: a) Pemetaan KD dari KI-2 berupa aspek sikap rasa ingin tahu disesuaikan dengan karakter pembelajaran TIK, b) Menyusun indikator instrumen penilaian sikap rasa ingin tahu, c)      Menyusun kisi-kisi intrumen penilaian sikap rasa ingin tahu dengan langkah langkah sebagai berikut. (1) Menentukan Spesifikasi Instrumen, (2) Menyusun Instrumen penilaian sikap, (3) Menetukan Skala pengukuran instrument, (4) Menentukan Pedoman Pemberian Skor, (5) Merakit Instrumen dengan menentukan format tata letak instrumen, urutan pertanyaan atau pernyataan. Hasil uji coba diolah dengan menggunakan Item and Test Analysis Program -- ITEMAN (tm) Version – 3.00. Hasil uji coba diperoleh hasil berupa distractor yang tidak memenuhi syarat. Selanjutnya distraktor yang tidak memenuhi syarat direvisi melalui forum diskusi antara peneliti dan tim ahli.

Kata kunci : penilaian sikap rasa ingin tahu


Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 7 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.