PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKN MENGENAL LEMBAGA LEMBAGA NEGARA TINGKAT PUSAT MELALUI METODE DISKUSI KELOMPOK

Maryoto Maryoto

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV Sekolah Dasar negeri Sewukan dalam memahami lembaga-lembaga negara dalam susunan pemerintah tingkat pusat di Indonesia,yang masih rendah (46% )nilai siswa masih dibawah KKM (7,5)  Permasalahannya pembelajaran yang dilakukan masih bersifat abstrak karena dalam memberikan penjelasan dilakukan secara singkat dan hanya menggunakan satu buku sumber.

Hasil diskusi antara pengajar dan teman sejawat dan refleksi terhadap masalah tersebut disepakati bahwa pemecahan masalah akan dilakukan dengan menggunakan metode diskusi kelompok. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Pada masing- masing  siklus dilakukan tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Subyek penelitian menggunakan siswa Kelas IV,Sekolah Dasar Negeri Sewukan semester 2, tahun pelajaran 2015/2016. Hasil penelitian dengan menggunakan metode diskusi kelompok dapat melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran, siswa dapat belajar mengajukan pertanyaan, menghargai pendapat teman, dan belajar bekerjasama dengan teman, hal ini akan berpenagruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa menjadi lebih baik

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.