EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PENILAIAN GOOGLE FORM TERHADAP HASIL BELAJAR PELAJARAN TIK

Pitoyo Budi Santoso

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media penilaian Google Form pada pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap hasil belajar siswa Kelas IX SMP Negeri 9 Purworejo apabila dibandingkan dengan pembelajaran konvensional yang diberlakukan di sekolah tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian quasi eksperimen dengan sampel penelitiannya adalah kelas IX A dan IX B SMP Negeri 9 Purworejo. Adapun desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Uji beda dilakukan untuk mengukur perbedaan efektivitas media penilaian Google Form dan media pembelajaran konvensional berdasarkan kriteria hasil belajarnya. Berdasarkan hasil uji t dari nilai rata-rata hasil belajar diperoleh t hitung > t tabel (2.870 > 1,66980 1, serta nilai signifikansi (P) adalah 0.006 < ∝ (0.05), dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Ini membuktikan bahwa media penilaian Google Form efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX SMP Negeri 9 Purworejo.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dwi Purwati, Alifi Nur Prasetia Nugroho. 2018. Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Sejarah

Berbasis Google Formulir Di SMA N 1 Prambanan. Jurnal Istoria. UNY

Kurnia Shinta Dewi. 2011. Efektivitas E-learning Sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran TIK Kelas XI di SMA Negeri Depok. Yogyakarta: UNY.

Nana Sudjana & Ibrahim. 2006. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru Algesindo.

Nana Syaodih Sukmadinata. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Zainal Arifin. 2009. Evaluasi Pembelajaran : Prinsip, Teknik, Prosedur. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.


Article Metrics

Sari view : 8 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.