MENINGKATKAN KOMPETENSI MENGHITUNG LUAS BANGUN DATAR MENGGUNAKAN METODE COOPERATIVE LEARNING BAGI SISWA KELAS IV SDN KETEP 1 SAWANGAN

MUDIYANA MUDIYANA

Sari


Rumusan masalah penelitian ini adalah  1) apakah penggunaan metode cooperative learning dapat meningkatkan kompetensi menghitung luas bangun datar bagi siswa kelas IV, 2) apakah terdapat perubahan perilaku siswa kelas IV setelah mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran cooperative learning pada kompetensi menghitung luas bangun datar. PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Kegiatan dalam siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menghitung luas bangun datar, sedangkan non tes digunakan untuk mengetahui adanya perubahan perilaku siswa. Berdasarkan analisis hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat peningkatan kompetensi siswa dalam menghitung luas bangun datar dan terjadi perubahan perilaku siswa ke sikap positif. Metode cooperative learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 17,8% dengan nilai rata-rata 75 pada pra tindakan dan nilai rata-rata 86 pada siklus I. Sedangkan peningkatan dari siklus I ke siklus II adalah 5,8% dengan nilai siklus  II sebesar 92. Penggunaan Metode Cooperative Learning juga dapat mengubah perilaku siswa dalam kegiatan pembelajaran. Yang semula pada pra tindakan nasih banyak terjadi sikap negatif berubah menjadi sikap positif.

Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 6 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.