Pengaruh Blended Learning Berbasis Edmodo Pada Mata Kuliah Teknologi Informatika I

Lukas Kristianto, Ningrum Astriawati

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatan aktivitas belajar taruna melalui perkuliahan blended learning berbasis Edmodo, (2) pengaruh blended learning berbasis edmodo terhadap hasil  belajar taruna. Subyek penelitian adalah  taruna yang mengambil Mata Kuliah Teknologi Informatika I Semester Gasal TA. 2018/2019, sampel penelitian sebanyak 19 orang taruna. Tempat penelitian di Program Studi Teknika, Akademi Maritim Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dua siklus dengan rincian 2 kali pertemuan pada siklus I dan 2 kali pertemuan pada siklus II. Setiap siklus terdiri dari: perencanaan, pemberian tindakan, observasi dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data aktivitas belajar melalui observasi dan analisis data hasil belajar melalui tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) adanya peningkatan aktivitas belajar taruna dari kondisi awal sebesar 35,79% menjadi 58,94% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 88,42% pada siklus II; (2)Adanya pengaruh penggunaan blended learning berbasis edmodo dengan peningkatan hasil belajar taruna, yaitu dari nilai rata-rata taruna 43,94 pada kondisi awal meningkat menjadi 73,13 pada siklus 1 dan meningkat lagi menjadi 90,63 pada siklus II.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. https://doi.org/10.1362/026725701323366836

Astriawati, N., & Pratama, W. (2017). Diagnosis Model Pembelajaran Blended Learning Dengan Teknik Scaffolding Pada Mata Kuliah Mekanika Terapan Di Prodi Teknika Akademi Maritim Yogyakarta. Majalah Ilmiah Bahari Jogja, XV, 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.33489/mibj.v15i24.95

Astriawati, N., & Wibowo, W. (2019). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Taruna melalui Media berbasis “Whiteboard Animation” Bidang Navigasi Pelayaran. Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP) . UMS. Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/11047

Balasubramanian, K., Jaykumar, V., & Fukey, L. N. (2014). A Study on “Student Preference towards the Use of Edmodo as a Learning Platform to Create Responsible Learning Environment.” Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.07.311

Danver, S. L. (2016). Edmodo. In The SAGE Encyclopedia of Online Education. https://doi.org/10.4135/9781483318332.n122

Durak, G. (2017). Using social learning networks (SLNs) in higher education: Edmodo through the lenses of academics. International Review of Research in Open and Distance Learning. https://doi.org/10.19173/irrodl.v18i1.2623

Hadjerrouit, S. (2008). Towards a blended learning model for teaching and learning computer programming: A case study. Informatics in Education.

Hasanah, H. (2017). TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI. At-Taqaddum. https://doi.org/10.21580/at.v8i1.1163

Jatmika, H. M. (2005). Pemanfaatan Media Visual dalam Menunjang Pembelajaran Arti Penting Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia.

Kasinah, S. (2013). Classroom Action Research. Pionir. https://doi.org/10.17977/um099v1i12017p36

Kemmis, S., & McTaggart, R. (2005). Paticipatory Action Research: Communicative Action and Public Sphere. In The Sage handbook of Qualitative ResearchThousand Oaks, CA, : Sage Publications Ltd.

Mappeasse, M. Y. (2009). Pengaruh Cara dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (PLC ) Siswa Kelas III Jurusan Listrik SMK Negeri 5 Makassar. Jurnal Medtek.

Muhammad Ali. (2009). Pengembangan Media pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik. Jurnal Edukasi@ Elektro.

Muhson, A. (2010). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Purnawarman, P., Susilawati, & Sundayana, W. (2016). The use of Edmodo in teaching writing in a blended learning setting. Indonesian Journal of Applied Linguistics. https://doi.org/10.17509/ijal.v5i2.1348

Sardiman, A. (2014). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. In Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar.

Wulan, A. R. (2001). Pengertian dan esensi konsep evaluasi, asesmen, tes, dan pengukuran. FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Yusnita, I., Masykur, R., & Suherman. (2016). Modifikasi Model Pembelajaran Gerlach Dan Ely Melalui Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika.


Article Metrics

Sari view : 20 times
PDF - 3 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.