Lima Belas Menit Pertama Di Sekolah Sebagai Wujud Penguatan Karakter Peserta Didik

andriyani susilowati

Sari


Wujud penguatan karakter peserta didik di sekolah dengan 15 menit pertama sebelum pembelajaran dimulai. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi berjalannya program pembiasaan pagi yang dilaksanakan setiap hari selama 15 menit  ( menyanyikan lagu Indonesia Raya 3 Stanza, Tadarus/ Doa Pagi dan Literasi ) meliputi : (1) perenecanaan, (2) pengorganisasian, (3) pelaksanaan, (4) pengawasan serta evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk dua komponen, yaitu: (1) proses dan (2) hasil, untuk menghasilkan kesimpulan terhadap pembiasaan pagi sebagai wujud penguatan karakter peserta didik di SMK Negeri 6 Yogyakarta.  Metode  penelitian menggunakan pendekatan deskriptif, dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembiasaan pagi di SMK Negeri 6 Yogyakarta, dalam kategori baik, karakter peserta didik menjadi lebih baik. Kelebihan dari perencanaan program ini, sekolah selalu mensosialisasikan kepada semua komponen agar terlibat dan mendukung, sehingga kendala yang ditemui dapat teratasi. Kelebihan dari pengorganisasian, semua tugas dapat dilakukan sesuai dengan ketugasan masing-masing. Kelebihan dari pelaksanaan, dilakukan sesuai dengan yang telah direncanakan sebelumnya. Kelebihan pengawasan adalah adanya tanggungjawab dari kepala sekolah, guru dan peserta didik terhadap penguatan pendidika karakter di sekolah melalui program pembiasaan pagi selama 15 menit. Sedangkan untuk kelebihan proses program pembiasaan pagi yang dilaksanakan sesuai jadwal yang dibuat sebelumnya. Kelebihan hasil program pembiasaan pagi, seluruh komponen sekolah mendapatkan manfaat, yakni memiliki rasa nasionalisme yang tinggi, memperkuat iman dan taqwa kepada sang pencipta dan menambah wawasan baru melalui membaca.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amirulloh. (2012). Buku Pintar Pendidikan Karakter. Jakarta. Prima Pustaka.

Arikunto, S.(2007). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.

Margono.( 2009). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineka.

Moleong, L.( 2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rusdakarya

Mulyasa. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta. Bumi Aksara.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung. Alfabeta.

Sukmadinata, NS. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya


Article Metrics

Sari view : 6 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.