IMPLEMENTASI PROGRAM BUDAYA INDUSTRI 5 R ( RINGKAS, RAPI, RESIK, RAWAT, RAJIN ) DI SMK PEMBAHARUAN PURWOREJO

sugiri sugiri

Sari


Pendidikan adalah suatu hal yang sangat didambakan oleh siapa saja. Demi terciptanya pendidikan yang dicita-citakan diperlukan suatu kedisiplinan yang tinggi dari semua pihak. Di era industri sekarang ini masih banyak dunia pendidikan yang belum mampu menyiapkan tenaga kerja yang sesuai yang diharapkan di industri. Oleh karena itu salah satu upaya dari sekolah untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapan bekerja di suatu industri perlu menerapkan budaya-budaya yang ada di industri diterapkan atau dikenalkan disekolah. Hal ini untuk membiasakan atau mengenalkan budaya-budaya yang ada di industri  agar peserta didik terbiasa dengan budaya-budaya di industri dan meningkatkan kedisiplinan nanti pada saat bekerja di dunia industri atau  tempat kerja.Salah satu sekolah yang menerapkan budaya industri 5R adalah SMK Pembaharuan Purworejo. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui sampai sejauh mana pelaksanaan program implementasi budaya industri 5R di SMK Pembaharuan Purworejo..Subyek penelitian ini adalah warga sekolah SMK Pembaharuan  Purworejo, Metode penelitian dengan penelitian kualitatif. Hasil penelitian : 1) Semua warga sekolah paham dan melaksanakan budaya industri 5R dengan baik, 2) Warga sekolah tidak paham dan tidak melaksanakan budaya industri 5R dengan baik. Kesimpulan dengan adanya penelitian ini dapat diketahui sampai sejauhmana pelaksanaan program implementasi budaya industry 5R dan sebagai evaluasi untuk tindak lanjut pelaksanaan program.

Kata kunci : Implementasi Budaya Industri 5R


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Kualitatif. Aktualisasi Metodologis Kearah Ragam Varian Kontemporer). Jakarta: Rajawali Press, 2001.

Danim, Sudarwan. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung; Pustaka Setia, 2002.

Emzir, Metodologi Penelitian Pendidikan, Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009.

Herdiansyah, Heri. Metodologi Penelitian Kualitatif: Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika, 2010.

Moloeng, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Mulyana, Deddy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Sudjana, Nana dan Ibrahim, Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung : Sinar Baru, 2001.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Sukardi. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara, 2013.

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PPS UPI dan PT Remaja Rosdakarya, 2013.

Wiriaatmadja, Rochiati. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Cet. V; Bandung: PT Remaja Rosdakarya dan Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia, 2008.

Zuriah, Nurul. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan: Teori-Aplikasi. Jakarta: Bumi Aksara. 2009.


Article Metrics

Sari view : 7 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.