UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MELALUI METODE BERNYANYI DAN BERMAIN JEMBATAN KELEDAI

sri diyah

Sari


Data minat belajar siswa kelas VI SDN Wonolelo  1, pada semester 1 tahun pelajaran 2019/2020  terhadap mata pelajaran Bahasa Indonesia, Mata pelajaran Matematika, Mata Pelajaran IPA, Mata Pelajaran IPS diperoleh informasi, 30% menyukai Mata pelajaran Bahasa Indonesia,  30%  menyukai Mata Pelajaran IPA, 25% Mata Pelajaran Matematika dan 15 % Mata Pelajaran IPS. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa, mata pelajaran IPS salah satu mata pelajaran yang kurang diminati oleh sebagian besar siswa. Akar permasalahannya adalah, siswa menganggap mata pelajaran IPS disamping materinya banyak, cara pembelajarannya kurang menarik sehingga terkesan sangat membosankan, sulit dan membuat pusing, ketika harus menghafalkan berbagai materi dalam mata pelajaran IPS. Dalam membelajarkan IPS guru masih sering menggunakan paradigma pembelajaran lama dalam arti komunikasi dalam pembelajaran IPS cenderung berlangsung satu arah umumnya dari guru ke siswa, guru lebih mendominasi pembelajaran maka pembelajaran cenderung monoton sehingga mengakibatkan peserta didik (siswa) merasa jenuh dan tersiksa. Oleh karena itu dalam membelajarkan IPS kepada siswa, guru hendaknya menerapkan berbagai variasi pendekatan, strategi, metode, maupun cara-cara yang tepat,  sehingga tujuan pembelajaran yang direncanakan akan tercapai. Agar mempermudah siswa mendalami materi pelajaran IPS maka dicari cara yang sesuai dengan dunia siswa  yaitu dunia bermain sambil bernyanyi melalui jembatan keledai.

 

Kata Kunci: Metode menyanyi, Metode Jembatan KeledaI

 


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.