MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL STAD BERBANTUAN KARTU BICARA

setyo ernawati

Sari


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas X TKRO A SMK Negeri 8 Purworejo tahun pelajaran 2018/2019 melalui penerapan metode Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Kartu Bicara. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dan partisipasif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi partisipan, angket dan tes tertulis. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan metode STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pada saat pra siklus, ketuntasan siswa hanya 39%, setelah dilaksanakan siklus I ketuntasan sebesar 67% pada tindakan siklus II, ketuntasan mencapai 92%. Metode ini juga dapat meningkatkan motivasi belajar. Melalui data angket diketahui motivasi belajar siswa pada pra siklus 63,89% pada kategori sedang, kemudian pada siklus I yaitu 80,56% pada kategori tinggi, dan meningkat pada siklus II menjadi 88, 89% pada kategori tinggi. Aktivitas siswa diamati melalui observasi terdiri dari tiga indikator yaitu responsive, proaktif dan tanggung jawab. Pada siklus I aktivitas belajar siswa memperoleh skor akhir 61% pada kriteria baik, siklus II skor akhir mencapai 87% berada pada kriteria sangat baik.


Teks Lengkap:

PDF

Article Metrics

Sari view : 7 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.