METODE PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XME SMK YPP PURWOREJO

januar teguh setyadi

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan prestasi belajar siswa pada Mata Diklat pekerjaan dasar mekanik mesin melalui Metode Peer Teaching kelas X ME Teknik mekanik industri SMK YPP Purworejo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), berlangsung tiga siklus. menggunakan beberapa tahapan yang harus dilaksanakan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X ME Teknik Mekanik Industri SMK YPP Purworejo, yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian adalah menggunakan alat ukur presisi.Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan angket. Data hasil penelitian kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: Terdapat  peningkatan. Keaktifan belajar siswa dari pra siklus ke siklus I sebesar 12%, ke siklus II sebesar 41,08 %, dan ke siklus III sebesar 47,30 %; Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan ditunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas dari pra siklus ke siklus I sebesar 50,9 %, ke siklus II sebesar 60,2 % dan ke siklus III sebesar 66,7 %. pra siklus nilai rata-rata siswa 51,6 siklus I meningkat 77,8, siklus II  meningkat 82,5 pada siklus III meningkat menjadi 86,0.

 

Kata kunci: prestasi belajar, keaktifan belajar peer teaching

 


Referensi


Anggorowati, N.P. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Sosiologi. Jurnal Komunitas. (Nomor 3). Hlm. 105.

Arikunto, S., Suhardjono dan Supardi. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Daryanto. (2011). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Hamalik, Oemar. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Pt Bumi Aksara.

Nugroho, Dedi Tri .2016. Penerapan Metode Belajar Peer Teaching Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Mekanik Otomotif B Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Otomotif Di Smktamansiswa Jetis Yogyakarta.Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Nur Fadhilah, Dkk. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Peer Tutoring Dilengkapi Lingkaran Hidrokarbon Untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Dan Prestasi Belajar Kimia Pada Materi Pokok Hidrokarbon Siswa Kelas X - 6 Sma N 3 Boyolali Tahun Pelajaran 2012/2013. Surakarta: Program Studi Pendidikan Kimia PMIPA, FKIP, UNS Surakarta.

Prasetya, Mi’raz Galih. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Peer Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Dasar Pemrograman Di Smk Negeri 2 Salatiga. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Wiriaatmadja, Rochiati. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.

Yogaswara, E. (2005). Mengukur Dengan Alat Ukur Mekanik Presisi. Bandung: Armico.

Adi, Dedi. (2013). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (Tgt) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Diklat Mengeset Mesin Dan Program Mesin Nc/Cnc (Dasar) Di Smk Negeri 2 Pengasih. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.