PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING GUNA MENINGKATKAN NASIONALISME DALAM PEMBELAJARAN PKN BAGI KELAS X TITL DI SMK YPP PURWOREJO

widji giarto

Sari


ABSTRAK

Keterbatasan guru  menerapkan model pembelajaran yang sesuai pendidikan nilai diduga menyebabkan rendahnya sikap nasionalisme, yakni sebesar 56,25% atau 18 dari 32 siswa. Peneliti menggunakan model Problem Based Learning sebagai solusi permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah 1) mengetaui pelaksanaan model PBL dalam pembelajaran PKn untuk meningkatkan  nasionalisme bagi siswa kelas X TITL SMK YPP Purworejo tahun ajaran 2019/2020, 2) meningkatkan dan mengetahui peningkatan sikap nasionalisme dalam pembelajaran PKn dengan model PBL  bagi siswa . Penelitian ini merupakan (PTK), yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TITL. Teknik pengumpulan data menggunakan cara penyebaran kuesioner, serta observasi dan wawancara sebagai pendukung. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan 43,75% sikap nasonalisme siswa kelas . Peningkatan dapat dilihat dari prosentase jumlah siswa yang memiliki kriteria sikap, mulai dari kondisi awal sebesar 56,25%, siklus I yakni 93,75%, dan siklus II yaitu 100%. Peningkatan juga dapat dilihat dari nilai rata-rata siswa. Kondisi awal yaitu sebesar 74,87, siklus I 87,62 dan siklus II 87,66.

Kata kunci: sikap  Nasionalisme, Problem Based Learning

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto,S. (2006).Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: PT.Bumi Aksara

Azwar, S. (1995). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta:Pustaka Belajar.

Azwar, S. (2011). Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta:Pustaka Belajar.

Margono. (2003). Metodologi Penelitian. Jakarta:Bumi Aksara.

Masidjo, I. (1995). Penilaian Pencapaian Hasil Belajar Siswa di Sekolah.

Yogyakarta: Kanisius.

Masidjo, I. (2010). Penilaian pencapaian hasil belajar siswa disekolah.

Yogyakarta: Kanisius.

Ridwan. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013.

Jakarta: Bumi Aksara.

Rosita. (2013). Hubungan Pemahaman Bela Negara dengan Nasionalisme Siswa di SMP Negeri 3 Tambun: FKIP UNJ. Diakses dari http://digilib.unj.ac.id/pengguna

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung: Alfabeta

Sukardinata.(2008).Metodologi Penelitian Pendidikan,Kompetensi dan Praktiknya.Jakarta:PT.Bumi Aksara.

Sukardinata.(2010).Evaluasi Pendidikan,Prinsip dan Operasionalnya.Jakarta:PT.Bumi Aksara.

Wiraatmadja,(2006).Metode Penelitian Tindakan Kelas.Bandung: Remaja Rusdakarya.(13)


Article Metrics

Sari view : 6 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.