Evaluasi PembelajaranMata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan

doyo riyono

Sari


Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan (1) Rencana evaluasi belajar dalam Pendidikan Agama Islam di SMK YPP Purworejo. (2) Penerapan evaluasi belajar pada materi Pendidikan Agama Islam kelas Sepuluh SMK YPP Purworejo.(3)HasildarievaluasipembelajaranmateriPendidikanAgama Islam pada kelas Sepuluh SMK YPP Purworejo dan feedback yang didapat. Proses pengumpulan datanya adalah dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi dan interview. Hasilpenelitian menunjukkan bahwasanya tahap perencanaan telah dirumuskan dalah tahapan evaluasi. Secara umum pelaksanaan evaluasi pembelajaran mata pelajaran PAI di SMK YPP Purworejobisa dinyatakan tidak baik walaupun pelaksanannya sudah sesuai dengan prinsip-prinsip evaluasi pendidikan, seperti: prinsip berkesinambungan, menyeluruh dan objektif dan alat ukur yang dipergunakan valid dan reliabel yakni dapat mengukur sesuai dengan apa yang mau diukur dan hasil yang diperoleh dapat dipercaya. akan tetapi dalam pelaksanaanya tidak sesuai dengan apa yang telahdirencanakan.Dan untuk hasil evaluasi ada program yang menujukan bahwa lebih dari 65% standar minimum dan umpan balik kepada siswa ditunjukan oleh perbaikan pada materi yang belum selesai.

Kata kunci: Evaluasi Pendidikan, Pendidikan Islam


Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Achmadi, 2005.Ideologi Pendidikan Islam: Paradigma Humanisme Teosentris, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arief, Armai, 2002. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers.

Arifin, Zainal, 1991. Evaluasi Intruksional, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi dan Cepi Safruddin Abdul Jabar, 2004.Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoritis Praktis bagiPraktisi Pendidikan, Jakarta: PT BumiAksara.

, 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: BumiAksara.

_____, 2006.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: RinekaCipta.

Daradjat, Zakiyah, et.al., 2000. Ilmu Pendidikan Islam, Cet. 4, Jakarta: BumiAksara.

Daryanto, 2002.Evaluasi Pendidikan, Cet. 2, Jakarta: PT Rineka Cipta. Depag RI, 1989. Al-Qur’an dan Terjemahnya, Semarang: PT Toha

Putra, 1989.

DepdiknasRI,2006.StandarNasionalPendidikan(PPRINo.19Tahun 2005), Jakarta: SinarGrafika.

_____, 2003.Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi.

_, 2007. Model Silabus Mata Pelajaran Penddidikan Agama Islam SMP/MTs, Jakarta: BSNHLM.

, 2006. Penduan Menyusun Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta: BSNHLM.

Dimyati dan Mudjiono, 1999.Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Echols,JohnM.,danHasanShadily,1996.KamusInggrisIndonesia, Jakarta:Gramedia.

Hamalik, Oemar, 2008. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta: Bumi Aksara.

Jihad, Asep dan Abdul Haris, 2008.Evaluasi Pembelajaran, Cet 2, Yogyakarta: Multi Pressindo.

Majid, Abdul dan Dian Andayani, 2004.Pendidikan Agama Islam BerbasisKompetensi(KonsepdanImplementasiKurikulum2004), Bandung: PT RemajaRosdakarya.

Moleong, Lexy J., 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif, Ct 21, Bandung: Remaja RosdaKarya.

Mukhtar, 2003.Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta: CV Misaka Galiza.

Poerwadarminta, 2003.Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Purwanto, Ngalim, 2001. Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT RemajaRosdakarya.

_____, 2002.Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT RemajaRosdakarya.

Silverius, Suke, 1991. Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik, Jakarta: PT Grasindo.

Sudjana, Nana dan Ibrahim, 2001.Penelitian dan Penelitian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru.

_____, 1999.Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.