EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BELAJAR BERBASIS VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK

sigit tri wibowo

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, nilai rata-rata pretest dan posttest kelas kontrol, nilai rata-rata pretest dan posttest kelas eksperimen, perbedaan hasil belajar kelas kontrol dengan kelas ekperimen pada mata pelajaran Seni Budaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini kelas X yang terdiri dari kelas kontrol dan eksperiment. Kelas eksperimen menggunakan media vidio sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Desain yang digunakan adalah Pre-Test Post-Test Control Group Design. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar. Untuk menguji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kelas kontrol nilai rata-rata posttest lebih rendah dibandingkan kelas ekperimen, kelas eksperimen nilai rata-rata posttest lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, rata-rata nilai posttest kelas ekperimen > kelas kontrol, yang berarti hasil belajar kelas ekperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, pada uji paired t-test, hasil yang didapat yaitu sig.2 tailed sebesar 0,000 < 0,05 penggunaan media belajar berbasis vidio dalam pembelajaran Seni Budaya lebih efektif.


Referensi


Ali Gunawan,Muhammad. 2015. Statistik Penelitian Bidang Pendidikan Psikologi Dan Sosial. Yogyakarta : Parama Publising.

Arikunto, Suharsimi dan Abdul Jabar, Cepi Safrudin. (2008) Evaluasi Program Pendidikan, Pedoman Teoritisbagi Praktisi Pendidikan. Bumi Aksara, Jakarta

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arsyad, Azhar. 2003. Media Pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta, Indonesia.

Aziz ,Resky. 2014.”Pengaruh Penggunaan Vidio Pembelajaran Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah”. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya. Hal 461-466.

Vuspa, Licia Sin. 2017 “ Pengaruh Media Pembelajaran Video Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Fikih MTS Patra Mandiri Plaju Palembang, UIN Raden Fatah, Palembang.

Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Profesional : Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif dan Menyenangkan. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung, Indonesia.

Fauziah, Retno.2016 “ Efektiftas Penggunaan Modul Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Boga Dasar Kelas X di SMK N 1 Kalasan. UNY Yogyakarta

Sadiman, Arief S. 2014. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.