PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA MELALUI METODE MIND MAP

MUD YANTO

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bercerita melalui  metode mind map siswa kelas V SD Negeri Podosoko 2 Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Negeri Podosoko 2 dengan jumlah 37 siswa. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi aktivitas guru dan siswa, dan dokumentasi. Metode analisis data penelitian menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa keterampilan bercerita siswa kelas V SDN Podosoko 2, dapat ditingkatkan melalui metode mind map. Peningkatan terjadi pada: (1) proses pembelajaran yang mengalami peningkatan ke arah yang lebih baik di setiap siklus, (2) hasil keterampilan siswa dalam bercerita mengalami peningkatan dan hasil rata-rata nilai keterampilan bercerita siswa pada prasiklus adalah 55,92, pada siklus I menjadi 63,73, dan pada siklus II meningkat menjadi 71,68. Dengan demikian, penggunaan metode mind map dapat meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas V SD Negeri Podosoko 2.

Kata Kunci: keterampilan bercerita, metode mind  map


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.