Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

JUDUL JURNAL ILMIAH (Times New Roman, All Caps, 12pt, Bold, Centered)

(TITLE JOURNAL) (Judul Dalam Bahasa Inggris, Times New Roman, All Caps, 12 pt, Italic, Centered)

>>(Kosong 2 Spasi tunggal, 12 pt)

 

Penulis11), Penulis22)dst. [Font Times New Roman 10 Cetak Tebal dan Nama Tidak Boleh Disingkat]

1NamaFakultas, namaPerguruanTinggi (penulis 1)

email: penulis _1@abc.ac.id

2NamaFakultas, namaPerguruanTinggi(penulis 2)

email: penulis _2@cde.ac.id

 

abstrak [Times New Roman 11CetakTebaldan Miring]

Abstract ditulis dalam bahasa indonesia dan  Inggris yang berisikan isu-isu pokok, tujuan penelitian, metoda/pendekatan dan hasil penelitian. Abstract ditulis dalam satu alenia, tidak lebih dari 200 kata. (Times New Roman 11, spasi tunggal, dan cetak miring).

 

Keywords: Maksimum5 kata kunci dipisahkan dengan tanda koma. [Font Times New Roman 11spasi tunggal, dan cetak miring]

>>(Kosong 6 Spasi Tunggal 10 pt)

 

 


A.    PENDAHULUAN (Heading 1/Bagian, 12 pt, bold)

Pendahuluan meliputi uraian tentang permasalahan, ruang lingkup, dan telaah pustaka/kajian teori yang terkait dengan permasalahan yang dikaji. Penulisan kutipan referensi mengikuti format berikut: penulis (tahun: halaman) atau (penulis, tahun: halaman), contoh: Yamin (2007: 55-56) atau (Yamin, 2007: 55-56). Batang tubuh teks menggunakan huruf Times New Roman dengan ukuran 11pt, spasi 1,15, regular dan dalam format dua kolom tiap kolom 7,5 cm, jarak antar kolom 1 cm. Kalimat pertama tiap paragraf ditulis menjorok ke dalam 1 cm.

Naskah dapat berupa: hasil-hasil penelitian mutakhir (paling lama 5 tahun yang lalu), ulasan (review)singkat, analisis kebijakan atau catatan penelitian singkat (research note)  mengenai teknik percobaan, alat, pengamatan, dan hasil awal percobaan (preliminary result).

 

B.     Metode

Apabila artikel ilmiah merupakanhasilpenelitian, makaurutansetelahpendahuluanadalahmetode.Metode meliputi uraian yang rinci tentang cara, instrumen, dan teknik analisis penelitian yang digunakan dalam memecahkan permasalahan.Sedangkan, apabilamerupakanhasil kajian pustaka, makaurutansetelahpendahuluanadalahanalisispemecahan masalah.Analisis Pemecahan Masalah meliputi uraian obyektif tentang pemecahan masalah. Jarakantara subjuduldengantekssebelumnyaadalahsatuspasi.

 

C.    HASIL DAN PEMBAHASAN(12 pt)

>>(Kosong 1 spasi tunggal 10 pt)

Hasil dan pembahasan berisi hasil analisis fenomena di wilayah penelitian yang relevan dengan tema kajian. Hasil penelitian hendaknya dibandingkan dengan teori dan temuan penelitian yang relevan)

           

1.    KESIMPULAN(12 pt, bold)

>>(Kosong 1 Spasi Tunggal 10 pt)

Berisi mengenai simpulan dari hasil penelitian dan saran.

(Kosong 1 spasi tunggal 10 pt: antara KESIMPULAN dan DAFTAR PUSTAKA )

 

DAFTAR PUSTAKA(12 pt, bold)

(kosong 1 spasi, 11 pt)

Format daftar pustaka yang digunakan Jurnal Science Tech mengacu pada model APA yang dikembangkan oleh American Psychological Association, Format seperti ini akan mudah Anda buat dengan bantuan aplikasi EndNote. Jika aplikasi ini tidak ada di komputer Anda, tidaklah sukar untuk menggunakan format dalam contoh di bawah:

 

Paper dalam jurnal

  1. Artikel dalam jurnal ilmiah dengan volume dan nomor (1 penulis)

[1] Handayani, A.S. (2010). Analisis daerah endemik bencana akibat cuaca ekstrim di Sumatera Utara, Jurnal Meteorologi dan Geofisika, 11(1), 52-57

  1. Artikel dalam jurnal ilmiah dengan volume dan nomor (2 - 6 penulis)

[2] Suryanto, W., Nurdiyanto, B., & Pakpahan, S. (2010). Implementasi perhitungan receiver function untuk gempa jauh menggunakan Matlab. Jurnal Meteorologi dan Geofisika, 11(1), 66-72.

Buku

  1. Buku (1 penulis)

[4] Shearer, P.M. (1999). Introduction to seismology. Cambridge: Cambridge University Press.

  1. Buku (2 - 6 penulis)

[5] Trewartha, G.T., & Horn, L.H. (1980). An introduction to climate. New York: McGraw-Hill.

  1. Buku (lebih dari 6 penulis)

[6] Johnson, L., Lewis, K., Peters, M., Harris, Y., Moreton, G., Morgan, B., et. al. (2005). How far is far? London: McMillan.

 

Prosiding

[7] Meilano, I., Abidin, H.Z., & Natawidjaya, D.H. (2009). Using 1-Hz GPS data to measure deformation caused by Bengkulu earthquake. Proceeding of International Symposium on Earthquake and Precursor, 153-158, Bukittinggi: Research and Development Center, BMKG.

 

Makalah seminar, lokakarya

[8] Ibnu, S. (2011, Maret). Isi dan format jurnal ilmiah. Makalah disajikan dalam Lokakarya Nasional Pengelolaan dan Penyuntingan Jurnal Ilmiah, Malang: Universitas Negeri Malang.

 

Skripsi, disertasi, tesis

[9] Riyadi, M. (1996). Pemodelan gaya berat tiga dinensi untuk melokalisir jebakan timah di daerah Pemali-Bangka. Tesis, Fakultas MIPA: Universitas Indonesia.

 

Laporan Penelitian:

[10] Sumaryanto. (2008). Karakteristik sosial ekonomi petani pada berbagai agroekosistem. Laporan penelitian, Pusat Analisis Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Bogor: Kementrian Pertanian.

 

Artikel dari internet:

[11]Interactive Weather and Wave Forecast Maps. (2011).(http://www.bom.gov.au/Australia/charts/viewer/index.shtm). diakses 7 April 2011.

 

BENTUKNASKAH

 

  1. Ditulis dalam bahasa indonesia dan lebih kurang 10 halaman ukuran A4 spasi 1 Times New Roman ukuran font  10.
  2. Margin:
  3. Top         : 2 cm.
  4. Bottom    : 3 cm.
  5. Left         : 2,5 cm.
  6. Right       : 2,5 cm.
  7. Indent dan Spasing (dalam Page Layout: 0 cm.)
  8. Naskah ilmiah dikirim ke redaksi dalam bentuk softcopy(email dan CD dalam bentuk *.doc (Word Documentbukan Word 97-2003 Document atau bentuk Document yang lain)dan *.pdf ) sertahardcopy ke alamat redaksi :
  9. LPPM Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  10. Jl. Batikan no 2 Tempel Wirogunan Yogyakarta 55167Telp 0274. 387841
  11. e-mail :sosio.humaniora@ustjogja.ac.id

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  6. Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.
 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.