Submissions

Please LOGIN or REGISTER to make submission

Already have a Username/Password for SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora?

Go to Login

Need a Username/Password?

Go to Registration

Author Guidelines

>>Silakan Download Tamplate Artikel<<


JUDUL JURNAL ILMIAH (Times New Roman, All Caps, 12pt, Bold, Centered)

(TITLE JOURNAL) (Judul Dalam Bahasa Inggris, Times New Roman, All Caps, 12 pt, Italic, Centered)

>>(Kosong 2 Spasi tunggal, 12 pt)

 

Penulis11), Penulis22)dst. [Font Times New Roman 10 Cetak Tebal dan Nama Tidak Boleh Disingkat]

1NamaFakultas/prodi, Nama perguruan tinggi (tidak boleh disingkat) (penulis 1)

Alamat Institusi

2NamaFakultas/prodi, namaPerguruanTinggi(penulis 2)

Alamat Institusi

email: penulis _1@cde.ac.id

 

Abstrak [Times New Roman 11CetakTebaldan Miring]

Abstrak ditulis dalam bahasa indonesia dan  Inggris yang berisikan permasalahan pokok, tujuan penelitian, metoda/pendekatan dan hasil penelitian. Abstract ditulis dalam satu alenia, tidak lebih dari 200 kata. (Times New Roman 11, spasi tunggal, dan cetak miring).

 

Keywords: Kata kunci berisi istilah penting dan substansi artikel, dapat mempermudah pembaca untuk menemukan artikel, [Font Times New Roman 11spasi tunggal, dan cetak miring]

 

Abstract [Times New Roman 11 Print, Bold and Italic]

Abstract written in Indonesian and English which contains the main issues, research objectives, methods / approaches and research results. Abstract written in one alenia, no more than 200 words. (Times New Roman 11, single spaced, and italic).

 

Keywords: Keywords contain important terms and substance of articles, can make it easier for readers to find articles, [Times New Roman font 11 single space, and italics]

>> (Empty 6 Single Spaces 10 pt)


PENDAHULUAN (Heading 1/Bagian, 12 pt, bold)

Pendahuluan meliputi uraian tentang permasalahan(kesenjangan antara yang diidealkan  dan yang senyatanya/yang terjadi), di dikung denga telaah pustaka/kajian teori dan penelitian mutaakhir yang relevan dengan permasalahan yang dikaji. Serta memuat nilai kebaruan (Novelty) penelitian yang merupakan inovasi. Batang tubuh teks menggunakan huruf Times New Roman dengan ukuran 11pt, spasi 1,15, regular dan dalam format dua kolom tiap kolom 7,5 cm, jarak antar kolom 1 cm. Kalimat pertama tiap paragraf ditulis menjorok ke dalam 1 cm. Naskah dapat berupa: hasil-hasil penelitian mutakhir (paling lama 5 tahun yang lalu), ulasan (review)singkat, analisis kebijakan atau catatan penelitian singkat (research note)  mengenai teknik percobaan, alat, pengamatan, dan hasil awal percobaan (preliminary result).

 

METODE

Bagian metode harus ditulis singkat, padat, jelas, tetapi mencukupi.  Ia menjelaskan penggunaan metode penelitian, prosedur pelaksanaan, alat, bahan, atau instrumen harus dijelaskan dengan baik, namun bukan berupa teori. Jika dipandang perlu, ada lampiran mengenai kisi-kisi instrumen atau penggalan bahan yang digunakan. Jika ada rumus-rumus statistik yang digunakan sebagai bagian dari metode, rumus yang sudah umum digunakan tidak perlu ditulis. Sedangkan, apabila merupakan hasil kajian pustaka, maka urutan setelah pendahuluan adalah analisis pemecahan masalah. Analisis Pemecahan Masalah meliputi uraian obyektif tentang pemecahan masalah. Jarak antara subjudul dengan teks sebelumnya adalah satu spasi.

 

HASIL DAN PEMBAHASAN(12 pt)

>>(Kosong 1 spasi tunggal 10 pt)

Hasil dan pembahasan berisi hasil analisis fenomena di wilayah penelitian yang relevan dengan tema kajian. Untuk memudahkan pemahaman dan pembacaan,  hasil penelitian dideskripsikan terlebih dahulu, dilanjutkan bagian pembahasan. Subjudul hasil dan subjudul pembahasan disajikan terpisah.

Hasil

Hasil dapat disajikan dalam bentuk tabel angka-angka, grafik, deskripsi verbal, atau gabungan antara ketiganya. Tabel, grafik, atau gambar tidak boleh terlalu panjang, terlalu besar, atau terlalu banyak. Penulis sebaiknya menggunakan variasi penyajian tabel, grafik, atau deskripsi verbal. Tabel dan grafik yang disajikan harus dirujuk dalam teks. Cara penulisan tabel ditunjukkan pada Tabel 1. Tabel tidak memuat garis vertikal (tegak) dan garis horisontal (datar) hanya ada di kepala dan ekor tabel. Ukuran huruf isian tabel dan gambar boleh diperkecil.

 

Tabel 1 Bobot Panjang Bagian Badan Artikel 

No.

Nama Bagian

Panjang dalam Persen

Keterangan

1.

Pendahuluan

20

Maksimum (termasuk judul dan abstrak)

2.

Metode

10

Untuk penelitian kuantitatif dapat sampai 15%.

3.

Hasil dan Pembahasan

60

Minimum

5.

Simpulan dan Daftar Pustaka

10

Kurang lebih

 

Angka-angka di dalam tabel tidak boleh diulang-ulang dalam narasi verbal baik sebelum maupun sesudahnya.

Pembahasan

Pembahasan dimaksudkan untuk memaknai hasil penelitian sesuai dengan teori yang digunakan dan tidak sekadar menjelaskan temuan. Pembahasan harus diperkaya dengan merujuk hasil-hasil penelitian sebelumnya yang telah terbit dalam jurnal ilmiah.

     Penulisan rujukan dalam badan artikel menggunakan pola berkurung (). Jika hanya ada satu penulis: contoh (Retnowati, 2018); jika ada dua penulis:  contoh (Nurgiyantoro & Efendi, 2017). Jika dua sampai lima penulis, untuk penyebutan yang pertama ditulis semua: contoh (Retnowati, Fathoni, & Chen, 2018) dan penyebutan berikutnya ditulis (Retnowati et al., 2018). Penulis lebih dari tiga orang hanya ditulis pengarang pertama diikuti et al., contoh (Janssen et al.’ 2010); Penulisan rujukan juga dapat ditulis dengan nama di luar tanda kurung, misalnya Nurgiyantoro (2017) sesuai dengan stile penulisan. Jika pernyataan yang dirujuk merupakan kutipan langsung atau fakta tertentu, halaman harus disertakan:  contoh (Nurgiyantoro & Efendi, 2017:144) atau jika mengambil substansi dari beberapa halaman: contoh (Nurgiyantoro & Efendi, 2017:144-146).

Perujukan lebih disarankan bukan berupa kutipan langsung atau tidak memuat terlalu banyak kutipan langsung. Namun, jika ada kutipan langsung yang jumlahnya kurang dari 40 kata,  ia harus ditulis dalam paragraf (tidak dipisah) dan dengan diberi tanda kutip (“...”).  Jika kutipan langsung berisi 40 kata atau lebih, ia ditulis dalam blok (terpisah dari paragraf), menjorok setengah inchi dari pinggir, tanpa diberi tanda kutip dan diikuti nama, tahun, halaman dalam tanda kurung (nama, tahun:halaman).

KESIMPULAN (12 pt, bold)

>>(Kosong 1 Spasi Tunggal 10 pt)

Simpulan tidak sekadar mengulangi data, tetapi berupa substansi pemaknaan. Ia dapat berupa pernyataan tentang apa yang diharapkan, sebagaimana dinyatakan dalam bab "Pendahuluan" yang akhirnya dapat menghasilkan bab "Hasil dan Pembahasan" sehingga ada kompatibilitas. Selain itu, dapat juga ditambahkan prospek pengembangan hasil penelitian dan prospek aplikasi penelitian selanjutnya ke depan (berdasarkan hasil dan pembahasan).

 (Kosong 1 spasi tunggal 10 pt: antara KESIMPULAN dan DAFTAR PUSTAKA )

 

DAFTAR PUSTAKA(12 pt, bold)

(kosong 1 spasi, 11 pt)

Format daftar pustaka yang digunakan Jurnal SOSIOHUMANIORA mengacu pada model APA yang dikembangkan oleh American Psychological Association, Format seperti ini akan mudah Anda buat dengan bantuan aplikasi EndNote. Jika aplikasi ini tidak ada di komputer Anda, tidaklah sukar untuk menggunakan format dalam contoh di bawah:

 

Paper dalam jurnal

  1. Artikel dalam jurnal ilmiah dengan volume dan nomor (1 penulis)

[1] Handayani, A.S. (2010). Analisis daerah endemik bencana akibat cuaca ekstrim di Sumatera Utara, Jurnal Meteorologi dan Geofisika, 11(1)52-57

  1. Artikel dalam jurnal ilmiah dengan volume dan nomor (2 - 6 penulis)

[2] Suryanto, W., Nurdiyanto, B., & Pakpahan, S. (2010). Implementasi perhitungan receiver function untuk gempa jauh menggunakan Matlab. Jurnal Meteorologi dan Geofisika, 11(1), 66-72.

Buku

  1. Buku (1 penulis)

[4] Shearer, P.M. (1999). Introduction to seismology. Cambridge: Cambridge University Press.

  1. Buku (2 - 6 penulis)

[5] Trewartha, G.T., & Horn, L.H. (1980). An introduction to climate. New York: McGraw-Hill.

  1. Buku (lebih dari 6 penulis)

[6] Johnson, L., Lewis, K., Peters, M., Harris, Y., Moreton, G., Morgan, B., et. al. (2005). How far is far? London: McMillan.

 

Prosiding

[7] Meilano, I., Abidin, H.Z., & Natawidjaya, D.H. (2009). Using 1-Hz GPS data to measure deformation caused by Bengkulu earthquake. Proceeding of International Symposium on Earthquake and Precursor, 153-158, Bukittinggi: Research and Development Center, BMKG.

 

Makalah seminar, lokakarya

[8] Ibnu, S. (2011, Maret). Isi dan format jurnal ilmiah. Makalah disajikan dalam Lokakarya Nasional Pengelolaan dan Penyuntingan Jurnal Ilmiah, Malang: Universitas Negeri Malang.

 

Skripsi, disertasi, tesis

[9] Riyadi, M. (1996). Pemodelan gaya berat tiga dinensi untuk melokalisir jebakan timah di daerah Pemali-Bangka. Tesis, Fakultas MIPA: Universitas Indonesia.

 

Laporan Penelitian:

[10] Sumaryanto. (2008). Karakteristik sosial ekonomi petani pada berbagai agroekosistem. Laporan penelitian, Pusat Analisis Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Bogor: Kementrian Pertanian.

 

Artikel dari internet:

[11]Interactive Weather and Wave Forecast Maps. (2011).(http://www.bom.gov.au/Australia/charts/viewer/index.shtm). diakses 7 April 2011.

 

BENTUKNASKAH

 

  1. Ditulis dalam bahasa indonesia dan lebih kurang 10 halaman ukuran A4 spasi 1 Times New Roman ukuran font  10.
  2. Margin:
  3. Top         : 2 cm.
  4. Bottom    : 3 cm.
  5. Left         : 2,5 cm.
  6. Right       : 2,5 cm.
  7. Indent dan Spasing (dalam Page Layout: 0 cm.)


Copyright Notice

SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to the full texts of its articles and allow readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions

  • Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
  • Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal

Author Fees

This journal charges the following author fees.

Article Submission: 0.00 (IDR)
Authors are not required to pay an Article Publication Fee.

Article Publication: 0.00 (IDR)
Authors are not required to pay an Article Publication Fee.