PENERAPAN RESOURCE BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

Elsa Komala

Sari


Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menelaah penerapan Resource Based Learning terhadap kemampuan berpikir reflektif matematis dan kemandirian belajar siswa Sekolah Menengah Atas. Desain penelitian ini adalah desain kelompok kontrol pretes-postes. Kelompok eksperimen memperoleh pembelajaran dengan penerapan Resource Based Learning dan kelompok kontrol memperoleh pembelajaran biasa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIPA salah satu SMA Negeri di Cibadak. Adapun yang di jadikan sampel dalam penelitian ini di pilih sebanyak 2 kelas dari tujuh kelas yang ada dipilih dengan teknik  purposive sampling. Untuk mendapatkan data hasil penelitian digunakan instrumen berupa tes kemampuan berpikir reflektif dan angket kemandirian belajar siswa. Pengolahan data peningkatan kemampuan berpikir reflektif menggunakan uji-t. Data angket kemandirian belajar siswa menggunakan peresentase. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir refletif matematis siswa yang memperoleh penerapan Resource Based Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, peningkatan yang terjadi ada pada kategori sedang. Hasil angket kemandirian belajar terhadap penerapan Resource Based Learning dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa, ini meningkatkan prilaku siswa untuk berani berpendapat dan mengembangkan kemampuan belajar dengan sumber belajar yang  beragam. Rasa percaya diri mereka tumbuh. Selain itu, rasa tanggung  jawab siswa dalam belajar juga meningkat dengan prilaku tepat waktu dalam menyelesaikan tugas dan bersungguh-sungguh dalam belajar. Secara umum, persentase kemandirian belajar siswa meningkat tiap pertemuannya mulai dari 70 %, 74%, 81% dan 85%.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Komala, Elsa. 2012. Pembelajaran dengan Pendekatan Diskursif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Concept Siswa SMP. Tesis SPs UPI Banding: Tidak diterbitkan.

Kusumaningrum, Maya, dan Aziz Saefudin, Abdul. 2012. Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Matematika Melalui Pemecahan Masalah Matematika. Makalah Disampaikan pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Marjohan. 2007. Kemandirian dalam Belajar Perlu Ditingkatkan, dari http://enewsletterdisdik.wordpress.com/2007/11/01/artikel-kemandirian-dalam-belajar- perlu-ditingkatkan/.

Muin, Abdul dkk. 2012. Mengidentifikasi Kemampuan Berpikir Reflektif Matematik. Makalah Disampaikan pada KNM XVI. 3-4 Juli. Jatinangor: UNPAD.

Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Nindiasari, Hepsi. 2011. Pengembangan Bahan Ajar dan Instrumen untuk Meningkatkan Berpikir Reflektif Matematis Berbasis Pendekatan Metakognitif pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Makalah Disampaikan pada Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. 3 Desember. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Nindiasari, Hepsi dkk. 2014. Pendekatan Metakognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMA. Edusentris, Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, Vol. 1 No.1, Maret.

Schoenfeld, A.H. 1992. Learning to Think Mathematically: Problem Solving, Metakognition and Sense-Making in Mathematics. Handbook for Research on Mathematics Teaching and Learning (pp. 334-370). New York: MacMillan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1612

Article Metrics

Sari view : 155 times
PDF - 177 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora

ISSN 2443-180X (cetak)

ISSN 2579-4728 (online)

______________________________________________________________________________________________________

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Flag Counter