TEKNIK MENULIS-TOTAL GAYA SAVI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMPRODUKSI TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS XI SMK

Khabib Sholeh

Sari


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan siswa kelas XI SMK Batik Perbaik Purworejo  dalam memproduksi teks eksplanasi, yang secara khusus tercermin dalam kemampuan (1) menentukan topik dan tujuan menulis, (2) menyusun kerangka teks eksplanasi, dan  (3) mengembangkan dan menyunting karangan. Metode yang diggunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan  rancangan penelitian tindakan. Rancangan penelitian disusun dalam satuan siklus dengan sistem berulang. Setiap siklusnya berisi aktivitas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dengan penerapan teknik menulis-total gaya SAVI, kemampuan siswa  dalam menulis teks eksplanasi menjadi meningkat. Peningkatan kemampuan tersebut tercermin pada hasil rerata tugas proses pembelajaran (TPP) dan tugas mandiri (TM) yang diperoleh siswa. Hasil TPP dan TM dari siklus ke siklus semakin meningkat. Rerata hasil TPP siklus 1 sebesar 73 %, dibandingkan dengan rerata hasil tes diagnostik terdapat peningkatan sebesar 17% (73%-56%). Rerata hasil TPP siklus 2 sebesar 85% dibandingkan dengan rerata hasil TPP siklus 1 terdapat peningkatan 12% (85%-73%). Rerata hasil TM pun meningkatan. Rerata hasil TM siklus 1 sebesar 69% , jika dibandingkan dengan hasil tes diagnostik terdapat peningkatan sebesar 15% (69%-54%). Rerata hasil TM siklus 2 sebesar 80% dibandingkan dengan rerata hasil TM siklus 1 terdapat peningkatan sebesar 11% (80%-69%). Dengan demikian, penerapan menulis-total gaya SAVI sebagai upaya peningkatan kemampun siswa dalam menulis pada siswa kelas XI SMK Batik Perbaik Purworejo terbukti efektif. Di samping itu, tampak bahwa pembelajaran dengan penerapan menulis-total gaya SAVI dapat meningkatkan prestasi belajar siswa karena dapat mengoptimalkan aktivitas guru dan siswa. Hal itu dibuktikan dengan angket respon siswa yang menyatakan mereka senang belajar dengan menulis-total gaya SAVI. 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Gipayana, M. 2002. ”Pengajaran Literasi dan Penilaian Portofolio dalam Pembelajaran Menulis”. Disertasi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Hernowo (ed). 2003. Quantum Reading. Bandung: Mizam Media Utama (MMU).

Knapp, Peter dan Megan Watkints. 2005. Genre, Text, Grammar: Technologies for Teaching and Assessing Writing. Australia: University of New South Wales Press.

Lipton, Peter. 2013. “What good is an explanation?”

Mulyati, Y. 2010. ”Analisis Kebutuhan terhadap MKU Bahasa Indonesia di Lingkungan UPI”. Laporan Penelitian UPI.

Olson, J.P. dan M.H. Dillner. 1982. Learning to Teach Reading in the Elemnetary School. New York: Mac Millan Publishing Company, Inc.

Rofiuddin, A. 2003. ”Faktor Kreativitas dalam Kemampuan Membaca dan Menulis Siswa Sekolah Dasar” Jurnal Bahasa dan Seni, Tahun 31, Nomor 2, Agustus 2003. Universitas Negeri Malang.

Suherli. 2002. ”Pengembangan Model Literasi dalam Pembelajaran Menulis: Studi tentang Pembelajaran Menulis Karangan Ilmiah pada Mahasiswa Galuh”. Disertasi. Bandung: Program Pascasarjana UPI.

Suriamiharja. et al. 1997. Petunjuk Praktis Menulis. Jakarta: Depdikbud.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1615

Article Metrics

Sari view : 94 times
PDF - 99 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora

ISSN 2443-180X (cetak)

ISSN 2579-4728 (online)

______________________________________________________________________________________________________

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Flag Counter