ENHANCING MULTIMEDIA STUDENTS’ INVOLVEMENT THROUGH PROJECT-BASED LEARNING MODEL

Titi Lestari, Imam Ghozali

Sari


Masih terbatasnya guru yang menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa disebabkan bukan karena pembelajaran tersebut tidak dapat diimplementasikan, melainkan pembelajaran yang berpusat pada siswa memiliki tantangan akademik tersendiri yang memerlukan tekad dan usaha dari guru. Artikel ini mengungkapkan hasil pengembangan model pembelajaran berbasis proyek (PBL) untuk siswa SMK jurusan Multimedia untuk mengetahui seberapa jauh model pembelajaran tersebut meningkatkan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran bahasa Inggris. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan (Borg dan Gall, 2003) dengan model modifikasi Sukmadinata (2010). Data diperoleh melalui observasi, analisis dokumen dan wawancara mendalam, serta dianalisis menggunakan model analisis kualitiatif  Miles, Huberman dan Saldana (2014). Model yang dikembangkan divalidasi melalui diskusi kolaboratif dan penilaian ahli. Model (course grid) yang dikembangkan mencakup kompetensi dasar, indikator, tujuan pembelajaran, materi, aktivitas pembelajaran, penilaian dan media. Tahapan PBL meliputi spekulasi, perancangan proyek, pelaksanaan proyek, dan evaluasi. Alat penilaian berupa tugas individu, lembar progres dan rubrik proyek. Hasil ujicoba model mengungkapkan bahwa siswa terlibat secara signifikan selama proses pengerjaan proyek dan presentasi. Tantangan dari PBL adalah siswa memerlukan waktu yang relatif panjang untuk menyelesaikan produk proyek mereka.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Brown, H. D. 2001. Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy second edition. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Dick, W., L. Carey, dan J. O. Carey. 2005. The Systematic Design of Instruction. 6th edition. Pearson. Boston

Gall, M.D., J. P. Gall, dan W. Borg. 2003. Educational Research: An Introduction. Pearson, Boston.

Kriwas, S. 1999. Environmental Education, a Handbook for Educators. Athens: Ministry of Education. (in Greek).

Miles, M.B., Huberman, A.M. & Saldana, J. 2014.Qualitative Data Analysis. A methods source book. 3rd ed. USA: Sage.

Nation, P. 2007. The Four Strands. Journal of the Innovation in Language Teaching and Learning. Vol (1), No. 1.

Nation, I.S. P& Macalister, J. 2010. Language Curriculum Design. New York:Routledge.

Paige, J. 2009. The 21st Century Skills Movement. Education Leadership Journal. Vol (67), No. 1.

Storey, C. W. 2007. Insight Into Language Curriculum Development. Japan: The University of Kitakyushu.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Wina, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1617

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora

ISSN 2443-180X (cetak)

ISSN 2579-4728 (online)

______________________________________________________________________________________________________

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Flag Counter