ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP DI TINJAU DARI SELF-CONCEPT

Melly Susanti

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis yang ditinjau dari self concept siswa kelas VIII SMP Negri 10 Cimahi. Metode ini berjenis penelitian deskriptif dengan pendekan kualitatif, penelitian ini mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menjawab soal-soal komunikasi matematis yang dilihat dari self-concept. penelitian ini di ujikan ke pada 22 siswa yang menjadi Sampelnya adalah 9 siswa. sampel yang di tentukan dilakukan dengan mengambil 3 siswa yang memiliki self concept tinggi, 3 siswa yang memiliki self concept sedang, dan 3 siswa yang memiliki self concept rendah. Hasil analisis data menunjukan kemampuan komuikasi matematis untuk siswa yang memiliki self concept tinggi yaitu 2 siswa menunjukan tes kemampuan komunikasi matematisnya cukup dan 1 siswa yang rendah. kemampuan komuikasi matematis untuk siswa yang memiliki self concept sedang yaitu 2 siswa menunjukan tes kemampuan komunikasi matematisnya baik dan 1 siswa yang rendah. kemampuan komuikasi matematis untuk siswa yang memiliki self concept rendah yaitu 2 siswa menunjukan tes kemampuan komunikasi matematisnya kurang dan 1 siswa yang cukup.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Retrieved from jakarta bumi aksara

Darkasy, M., Johar, R., Ahmad, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Motivasi Siswa dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 21-34.

Haerudin. (2013). Pengaruh Pendekatan Savi terhadap Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Matematik serta Kemandirian Belajar Siswa SMP. Jurnal Infinit, 2(2), 183-193.

Hidayat, W. (2013). Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Berfikir Logis serta Diposisi Matematik Siswa SMA Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematiaka, 1(1), 2338-8315.

Hendiana, H. Rohaeti, E. dan Sumarmo, U. (2014). HARD SKILLS dan SOFT SKILLS. Bandung: Refika Aditama.

Maulani, D., Suyono, Noornia, A. (2017). Pengaruh Penerapan Model Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis ditijau dari Self-concept Siswa di SMAN Kecamatan Tambun Selatan Bekasi. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(2),14-24.

Minarti, E. D., Nurfauziah, P. (2016). Pendekatan Konsturktivisme dengan Model Pembelajaran Generatif Guna Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Matematis Serta Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru Dikota Cimahi. Jurnal Ilmiah P2m STKIP Siliwangi, 3(2), 68-83.

Pamungkas, A. . (2015). Kontibusi Self-Concept Matematis dan Mathematics Anxiety terhadap hasil Belajar Mahasiswa, 8(2), 55–60.

Pratiwi, D. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pemecahan Masalah Matematika Sesuai dengan Gaya Kognitif dan Gender, 6(2), 131 – 141.

Wijaya, T. T., Afrilianto, M. (2018). Kemampuan Komunikasi Siswa SMK. Jurnal JPMI, 1(1), 53-60.

Sulastri, S. (2013). Perbedaan Kemampuan komunikasi Matematik Siswa antara yang Mendapatkan Model Pembelajaran Jigsaw dan Coopertaive Script. Prosiding Seminar Nasional Matematika Pendidikan Matematika. 5, 1137-1144.

Sumarmo, D. (2017). Hard Skills dan Soft Skills. Bandung: Refika Aditama.

Wardani, H. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Menggunakan CTL di MTS Nurul Hakim Tembung., 1(1), 25–31.

Widiarti, W. P. (2017). Konsep Diri (Self Concept) dan Komunkasi Interpersonal dalam Pendampingan pada Siswa SMP Se Kota Yogyakarta, 47(1), 135–148.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/sosio.v4i2.2751

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora

ISSN 2443-180X (cetak)

ISSN 2579-4728 (online)

______________________________________________________________________________________________________

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

Flag Counter