Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Jurnal Spirits adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Fakultas Psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta. Jurnal Spirit bertujuan untuk menciptakan ruang untuk pertukaran informasi tentang psikologi. Jurnal Spirits bertujuan untuk mendukung pertumbuhan ide-ide dan ide-ide baru tentang pengetahuan psikologi baik dalam psikologi kontemporer dan psikologi berbasiskan diri. Jurnal spirits juga diharapkan menjadi ruang bagi pengembangan ide-ide Ki Hajar Dewantara tentang psikologi di Indonesia. Spirits Journal memiliki fokus hasil studi dengan metode kualitatif, kuantitatif dan campuran di bidang psikologi, terutama pada:

 

Psikologi sosial;
Psikologi perkembangan;
Psikologi Pendidikan;
Psikologi Adat;
Psikologi Industri dan Organisasi.

 

Kebijakan Bagian

Artikel

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Setiap artikel yang masuk ke staf editorial akan dipilih melalui proses Tinjauan Awal oleh Dewan Editorial. Kemudian, artikel-artikel itu akan dikirim ke Mitra Bestari / peer reviewer dan akan dilanjutkan ke seleksi berikutnya oleh Blind Review Process. Setelah itu, artikel akan dikembalikan kepada penulis untuk direvisi. Proses ini membutuhkan waktu satu bulan untuk waktu maksimum. Di masing-masing naskah, Mitra Bestari / peer reviewer akan dinilai dari aspek substansial dan teknis (kontribusi, kebaruan, orisinalitas, relevansi, dan presentasi). Mitra Bestari / peer reviewer yang berkolaborasi dengan SPIRITS Journal adalah para ahli dalam studi psikologi dan isu-isu di sekitarnya. Editor akan memberi tahu Anda tentang hasil peninjauan sesegera mungkin, semoga dalam 30 hingga 60 hari.

 

Frekuensi Penerbitan

Jurnal SPIRITS memiliki siklus penerbitan 2 kali dalam satu tahun, yakni pada bulan Mei dan November. dalam satu edisi berisi 5 artikel yang memiliki topik sama yang telah ditetapkan dewan editoial

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar. Jurnal SPIRITS tidak membebankan biaya pada penulis agar tulisanya dimuat pada jurnal.