Jurnal Taman Cendekia

Penyerahan

Penyerahan Online

Sudahkah memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk TAMAN CENDEKIA?
Ke Login

Butuh nama pengguna dan kata sandi?
Ke registrasi

Registrasi dan login dibutuhkan untuk memasukkan naskah dan kelengkapannya secara online dan untuk mengecek status naskah saat ini.

 

Petunjuk Penulis

Petunjuk bagi Penulis

Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an

 

  1. Taman Cendekia mempublikasikan tulisan ilmiah dari telaah pustaka maupun hasil penelitian dalam lingkup pendidikan/pembelajaran di sekolah dasar.
  2. Artikel yang dikirimkan harus asli merupakan karya sendiri yang belum pernah dipublikasikan dalam jurnal lain.
  3. Tulisan diketik dalam bahasa Indonesia dengan huruf Times New Roman ukuran 12 pts, spasi 1 dengan margin 2 cm semua sisi pada satu muka ukuran A4. Panjang artikel maksimal 20 halaman, dikirim dalam bentuk print out sebanyak 3 eksemplar disertai file dalam CD atau dikirim melalui email: taman.cendekia@ustjogja.ac.id.
  4. Nama penulis artikel ditulis tanpa gelar akademik ditempatkan di bawah judul artikel disertai nama, alamat instansi, dan alamat e-mail. Jika penulis terdiri atas 4 orang atau lebih, yang dicantumkan di bawah judul adalah nama penulis utama, nama penulis lainya dicantumkan sebagai catatan kaki pada halaman pertama. Dalam hal artikel yang ditulis oleh tim, penyunting hanya berhubungan dengan penulis yang namanya ada pada urutan pertama.
  5. Naskah disertai abstrak diketik satu spasi dalam bahasa Inggris.                       
  6. Sistematika penulisan artikel hasiltelaah adalah: judul; nama penulis (tanpa gelar akademik); nama, alamat instansi, dan alamat email; abstrak (maksimal 250 kata); kata kunci (maksimal 5 kata); pendahuluan (tanpa judul) yang berisi latar belakang dan tujuan atau ruang lingkup tulisan; bahasan utama (dapat dibagi beberapa sub-bagian); penutup berisi simpulan dan saran; daftar pustaka (minimal 80% terbitan 10 tahun terakhir dan hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk).
  7. Sistematika artikel hasilpenelitian adalah judul; nama penulis (tanpa gelar akademik); nama, alamat instansi, dan alamat email; abstrak (maksimal 250 kata) yang berisi tujuan, metode, dan hasil penelitian; kata kunci (maksimal 5 kata); pendahuluan (tanpa judul) yang berisi latar belakang, sedikit tinjauan pustaka, dan tujuan penelitian; metode; hasil dan pembahasan; penutup berisi simpulan dan saran; daftar pustaka (minimal 80% terbitan 10 tahun terakhir dan hanya memuat sumber-sumber yang dirujuk)
  8. Sumber rujukan diutamakan adalah sumber-sumber primer berupa laporan penelitian (termasuk skripsi, tesis, disertasi), atau artikel-artikel penelitian dalam jurnal atau berkala ilmiah.
  9. Pencantuman rujukan dan pengutipan menggunakan teknik perujukan berkurung (nama,tahun). Pencantuman sumber pada kutipan langsung hendaknya disertai keterangan tentang nomor halaman tempat asal kutipan. Contoh: (Davis, 2003:47).
  10. Daftar pustaka diurutkan secara alfabetis dan disusun dengan sistematika seperti contoh berikut.

Buku

Kumaravadivelu, B. 2006. Understanding Language Teaching From Method to Postmethod. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Buku kumpulan artikel (ada editornya)

Letheridge, S. & Cannon, C.R. (Eds.). 1980. Bilingual Education: Teaching English as a Second Language. New York: Praegar.

Buku Terjemahan:

Ary, D., Jacobs, L.C. &Razavieh, A. Tanpa tahun. Pengantar Penelitian Pendidikan. Terjemahan oleh Arief Furchan. 1982. Surabaya: Usaha Nasional.

Artikel dalam jurnal

Anggraini, D. 2014. Pengembangan Multimedia Interaktif Silat Pedang untuk Pembelajaran Seni Tari pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar. 23 (2). 107-114.

 

Artikel dalam majalah/koran/surat kabar

Huda, M. 13 November, 1991. Menyiasati Krisis Listrik Musim Kering. Jawa Pos, hlm.6.

Makalah, Seminar, Lokakarya, Penataran:

Suparno. 1998. Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Makalah disajikan dalam Kongres Bahasa Indonesia VII Jakarta, 26 30 Okt. Jakarta: Depdikbud.

Dokumen resmi pemerintah

Depdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Sekjen Depdiknas.

Skripsi, Tesis, Disertasi, Laporan Penelitian

Maharani, dkk. 2009. Pengaruh Metode Membaca Cepat terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP UST. Laporan Penelitian, tidak diterbitkan. Yogyakarta: FKIP UST.

 

  1. Artikel yang diterima oleh penyunting akan diseleksi secara anonym oleh mitra bestari. Kemungkinan artikel yang dikirimkan memiliki tiga kemungkinan; a) diterima tanpa revisi; b) diterima dengan perbaikan; dan c) ditolak (artikel ditolak tidak dikembalikan kecuali diminta oleh penulis).
  2. Pemeriksaan dan penyuntingan cetak coba dikerjakan oleh penyunting dan/atau dengan melibatkan penulis. Artikel yang sudah dalam bentuk cetak-coba dapat dibatalkan pemuatannya oleh penyunting jika diketahui bermasalah.
  3. Segala sesuatu yang menyangkut perijinan pengutipan atau penggunaan software computer untuk pembuatan naskah atau ihwal lain yang terkait dengan HAKI yang dilakukan oleh penulis artikel, berikut konsekuensi hukum yang timbul karenanya, menjadi tanggung jawab penulis artikel tersebut.

 

Petunjuk Untuk Penulis

Penulis yang ingin memasukkan naskah harus memperhatikan poin-poin di bawah ini. Jika naskah tidak sesuai dengan persyaratan yang telah dicantumkan, ada kemungkinan naskah tersebut akan dikembalikan.

  1. Penyerahan belum diterbitkan sebelumnya, atau sedang dalam pertimbangan jurnal lain (atau sebuah penjelasan belum disediakan dalam komentar kepada editor).
  2. File naskah dalam format file dokumen OpenOffice, Microsoft Word, RTF, atau WordPerfect.
  3. Ketika tersedia, URLs untuk referensi telah disediakan.
  4. Teks 1 spasi; font 12; italic; tidak digaribawahi (kecuali alamat URL); dan semua ilustrasi, figur, dan tabel yang ditempatkan di dalam teks pada poin yang tepat, jangan di akhir.
  5. Teks yang mematuhi persyaratan mengenai perpustakaan dan gaya bahasa digambarkan secara garis besar di Petunjuk Penulis, yang akan ditemukan dalam halaman Tentang Kami.
  6. Jika penerimaan untuk bagian peer-review dari jurnal, instruksinya terdapat di Memastikan Reviewer Anonim telah diikuti.
 

Pemberitahuan Hak Cipta

Penulis yang mempublikasikannya dengan TAMAN CENDEKIA menyetujui persyaratan berikut:

Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama dari Taman Cendekia dengan karya yang secara bersamaan dilisensikan di bawah Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain berbagi (menyalin dan mendistribusikan materi dalam media atau format) dan menyesuaikannya remix, transformasikan, dan bangunlah atas materi) pekerjaan untuk tujuan apa pun, bahkan secara komersial dengan pengakuan dari karya penulis dan publikasi awal di Taman Cendekia.



Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in Taman Cendekia.

Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).

 

Pernyataan Privasi

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal hanya akan digunakan untuk tujuan yang sudah disebutkan, tidak akan disalahgunakan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.