ANALISIS FAKTOR TINGKAT KECEMASAN, MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA

Sri Adi Widodo, Laelasari Laelasari, Ryky Mandar Sari, Ian Rosita Dewi Nur, Flora Grace Putrianti

Sari


The purpose of this study was to determine the relationship between the level of anxiety and learning motivation on student achievement. This research is a kind of ex post facto, a six-month study period. A population of 125 students, with a sample of 100 students were randomly selected. The research variables are student achievement as the dependent variable, while the independent variable is the level of anxiety of students and student learning motivation. Data collection methods used were the questionnaire method and documentation. Data analysis technique used is path analysis. It can be concluded that there is a negative relationship between anxiety level of students' motivation, there is no direct relationship between the level of anxiety of students on student achievement through student learning motivation, there is a positive relationship between learning motivation on student achievement. So it can be stated that there is a correlation between the level of anxiety and learning motivation of students simultaneously on student achievement.

Kata Kunci


anxiety level, motivation, achievement

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustiar, W. & Asmi, Y. 2010. Kecemasan Menghadapi Ujian Dan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri “X” Jakarta Selatan. Jurnal Psikologi. 8 (1): 9 – 15.

Anggraini, I. S. 2016. Motivasi Belajar dan Faktor-Faktor yang Berpengaruh: Sebuah Kajian Pada Interaksi Pembelajaran Mahasiswa. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 1(02): 42 – 56.

Budiyono. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Solo: UNS Press.

Hartono. 2012. Hubungan Kecemasan Dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar Praktik Klinik Keperawatan Mahasiswa Tingkat I Jurusan Keperawatan Politeknik Kesehatan. Thesis. Program Pasca Sarjana UNS.

Heckhausen. 1967. The Anatomy Of Achievement Motivation. New York: Academy Press.

Hudoyo, H. 1990. Teori Belajar Untuk Pengajaran Matematika. Jakarta: Depdikbud.

Jannah, R. 2013. Hubungan Antara Motivasi Mahasiswa Dengan Tingkat Kecemasan Menghadapi Ujian Komprehensif Metode Osca Pada Mahasiswa Semester VI Di Akademi Kebidanan Stikes U’budiyah Banda Aceh. Banda Aceh: Universitas Ubudiyah.

Lubis, N. L. 2009. Depresi, Tinjauan Psikologis. Jakarta: Kencana.

Nurhayati, E., dan Absorin. 2009. Pengaruh Tingkat Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal EduMa. 1(2): 113 – 122.

Riduwan dan Kuncoro, E.A. 2012. Cara Menggunakan dan Memakai Path Analysis. Bandung: Alfabeta.

Sardiman, A.M. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Setyawati. 2011. Motivasi. Jakarta: Kompas tanggal, 19 Maret 2011.

Suhariyanto. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar dan Tingkat Kecemasan Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Fellowship Universitas Paramadina. Jurnal Universitas Paramadina. 8 (2).

Tambunan, S. M. 2006. Hubungan Antara Kemampuan Spasial Dengan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Makara, Sosial Humaniora. 10(1): 27 – 32.

Untari, I. 2014. Hubungan Antara Kecemasan Dengan Prestasi Uji OSCA I Pada Mahasiswa Akper PKU Muhammadiyah Surakarta. Jurnal Kebidanan. VI (1): 10 – 16.

Widodo, S. A. 2011. Efektifitas Model Pembelajaran Team Accelerated Instruction Pada Siswa Kelas X SMK Tunas Harapan Tahun Pelajaran 2008-2009. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA. 14 Mei 2011, UNY Yogyakarta, Hal. PM1 – PM6.

Widodo, S.A. 2013. Analisis Kesalahan dalam Pemecahan Masalah Divergensi Tipe Membuktikan pada Mahasiswa Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran. 46 (2): 106 – 113.

Wihastuti, T.A., Supriyati, L. & Jahriah, A. 2014. Hubungan Antara Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Pada Pasien Pre Operasi Appendictomy Di Ruang Flamboyan RSUD Tarakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Skripsi. Stikes Kusuma Husada.

Zulkarnain & Novliadi, F. 2009. Sense of Humor Dan Kecemasan Menghadapi Ujian Di Kalangan Mahasiswa. Majalah Kedokteran Nusantara. 42 (1): 48 – 54.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/tc.v1i1.1581

Article Metrics

Sari view : 182 times
PDF - 553 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.




Creative Commons License
TAMAN CENDEKIA: JURNAL PENDIDIKAN KE-SD-AN by http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/tamancendekia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


ISSN: 2579 – 5147

TAMAN CENDEKIA Telah Diindeks Oleh:

       


Media Patner TAMAN CENDEKIA: 

 

Web
Analytics Made Easy - StatCounter Jurnal Taman Cendekia