KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN ELEKTRONIK SEBAGAI PENGGANTI PERKULIAHAN KONVENSIONAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALITIS MAHASISWA

Anita Anggraini(1*)
(1) Universitas Pamulang
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/jtvok.v6i1.2764

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran elektronik (e-learning) sebagai pengganti perkuliahan konvensional untuk meningkatkan kemampuan analitis mahasiswa.  Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi-experiment design.  Populasi penelitian adalah mahasiswa semester 1 program studi Akuntansi Universitas Pamulang tahun ajaran 2017/2018 dengan sampel dua kelas yang berjumlah 47 orang dan diambil dengan teknik cluster random sampling.  Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, studi dokumentasi, dan tes kemampuan berpikir analitis, dan dianalisis menggunakan paired sample t-test.  Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa tidak efektifnya penggunaan e-learning sebagai pengganti perkuliahan konvensional (non e-learning) sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis peserta didik terhadap permasalahan-permasalahan pada mata kuliah Pengantar Akuntansi I.  Tetapi walaupun demikian, rata-rata kemampuan berpikir analitis kelompok e-leaning juga cukup besar, yaitu 67,23 sehingga e-learning juga cukup bagus untuk digunakan, tetapi mungkin tidak sebagai pengganti pembelajaran konvensional, melainkan sebagai suplemen (tambahan) dan/atau komplemen (pelengkap) pembelajaran..

 

This study aims to determine the effectiveness of electronic learning (e-learning) as a substitute for conventional lectures to improve students' analytical skills. The research design used was quasi-experiment design. The population of this research is the first semester students of Accounting Program of Universitas Pamulang academic year 2017/2018 with two class samples which consist of 47 people and taken by cluster random sampling technique. Data collection techniques used observation, documentation studies, and analytical thinking skills, and analyzed using paired sample t-test. This study shows the result that ineffective use of e-learning as a substitute for conventional lectures (non e-learning) as an effort to improve students' analytical thinking ability to the problems in Introduction to Accounting course I. But even so, the average ability to think analytical e-leaning groups are also quite large, ie 67.23 so e-learning is also good enough to be used, but may not be a substitute for conventional learning, but rather as a supplement (additional) and / or complement (complementary) learning.

Kata Kunci


e-learning, kemampuan berpikir analitis, e-learning, analytical thinking skills

Article Statistic

Sari view : 88 times
PDF views : 23 times

File PDF yang Anda pilih harus dimuat di sini jika perambah web mempunyai plugin PDF reader diinstall (sebagai contoh: versi sekarang dari Adobe Acrobat Reader).

Alternatif lain, Anda juga bisa mengunduh file PDF langsung ke komputer Anda, dan bisa dibuka dengan menggunakan PDF reader. Untuk mengunduh PDF, klik tautan Unduh di bawah ini

Jika ada membutuhkan informasi lebih lanjut tentang cara mencetak, simpan dan bekerja dengan PDF, menyediakan Highwire Press bantuan Pertanyaan yang sering diajuka mengenai PDF.

Layar Penuh Layar Penuh dimatikan

Teks Lengkap: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##