KEMINATAN SISWA TERHADAP SUB-SUB SEKTOR INDUSTRI KREATIF DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Bayu Rahmat Setiadi(1*), Suparmin Suparmin(2)
(1) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(2) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/jtvok.v6i1.2815

Sari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) keminatan siswa tehadap sub-sub sektor industri kreatif dan (2) sub-sub sektor industri kreatif paling diminati siswa terhadap bidang industri kreatif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode survei. Teknik pengambilan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif sederhana yaitu menghitung frekuensi dan presentase. Hasil penelitian menunjukkan (1) keminatan siswa terhadap sub-sub sektor industri kreatif termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase 75,96%. Keminatan siswa terhadap sub-sub sektor industri kreatif meiliki tiga indikator, yaitu rasa ingin tahu, keinginan, dan sub-sub sektor industri kreatif. Indikator rasa ingin tahu termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase 79,21%. Indikator keinginan dalam kategori tinggi dengan persentase 76,35%. Indikator sub-sub sektor industri kreatif termasuk dalam kategori tinggi dengan persentase 75,13%. (2) Hasil analisis di atas menunjukkan bahwa terdapat 2 sub sektor industri kreatif yang sangat diminati, yaitu fotografi dan musik, sedangkan 16 sub sekot industri lainnya cukup diminati, yaitu animasi; arsitektur; desain; kerajinan; kuliner; Mode; penelitian dan pengembangan; penerbitan; perfilman; periklanan; permainan interaktif; seni pertunjukan; seni rupa; teknologi informasi; televisi dan radio; dan video. 

 

This study aims to determine (1) the interest of students to the sub-sectors of the creative industry and (2) the sub-sector of creative industries most interested students to the field of creative industries. This research is a descriptive research. Methods of data collection using survey method. Technique of taking data used questionnaire. Data analysis techniques use simple descriptive statistics that calculate the frequency and percentage. The results showed (1) the interest of students to the sub-sectors of creative industries included in the high category with the percentage of 75.96%. Student's interest in creative industry sub-sub-sector has three indicators, namely curiosity, desire, and sub-sector of creative industry. The curiosity indicator is included in the high category with 79.21% percentage. Desire indicator in high category with percentage 76.35%. Indicators of the creative industries sub-sector are included in the high category with the percentage of 75.13%. (2) The results of the analysis above show that there are 2 sub sectors of creative industry that are in great demand, that is photography and music, while 16 sub sekot of other industries are quite interested, that is animation; architecture; design; craft; culinary; Mode; research and development; publishing; cinema; advertising; interactive games; performing Arts; art; information Technology; television and radio; and videos. 

Kata Kunci


keminatan, sub sektor industri kreatif, industri kreatif , interest, creative industry sub-sectors, creative industries

Article Statistic

Sari view : 51 times
PDF views : 39 times

File PDF yang Anda pilih harus dimuat di sini jika perambah web mempunyai plugin PDF reader diinstall (sebagai contoh: versi sekarang dari Adobe Acrobat Reader).

Alternatif lain, Anda juga bisa mengunduh file PDF langsung ke komputer Anda, dan bisa dibuka dengan menggunakan PDF reader. Untuk mengunduh PDF, klik tautan Unduh di bawah ini

Jika ada membutuhkan informasi lebih lanjut tentang cara mencetak, simpan dan bekerja dengan PDF, menyediakan Highwire Press bantuan Pertanyaan yang sering diajuka mengenai PDF.

Layar Penuh Layar Penuh dimatikan

Teks Lengkap: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##