HUBUNGAN ANTARA SIKAP BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR KEJURUAN DENGAN HASIL BELAJAR GAMBAR TEKNIK

Lukman Arif(1*), Samidjo Samidjo(2)
(1) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(2) Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/jtvok.v6i1.2865

Sari

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1)  hubungan antara sikap belajar dan motivasi belajar kejuruan secara bersama-sama dengan hasil belajar gambar teknik; (2) hubungan antara sikap belajar dengan hasil belajar gambar teknik; dan (3) hubungan motivasi belajar kejuruan dengan hasil belajar gambar teknik. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif, uji hipotesis pertama menggunakan regresi ganda pertama dan uji hipotesis kedua dan ketiga menggunakan uji korelasi parsial yang didahului uji persyaratan analisis, yaitu uji normalitas, linieritas dan independensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada hubungan positif dan signifikan antara sikap belajar dan motivasi belajar kejuruan secara bersama-sama dengan hasil belajar gambar teknik. (2) Ada hubungan positif dan signifikan sikap belajar dengan hasil belajar gambar teknik. (3) Ada hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar kejuruan dengan hasil belajar gambar teknik. Nilai koefisien determinan (R²) = 0,256, artinya besarnya hubungan antara sikap belajar  (X1) dan motivasi belajar kejuruan (X2) dengan prestasi belajar gambar teknik (Y) adalah sebesar 25,6%, sedangkan 74,4% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

The purpose of this study is to determine: (1) the relationship between learning attitudes and motivation of vocational learning together with the results of learning engineering drawings; (2) the relationship between learning attitudes and learning result of technical drawings; and (3) the relationship of vocational learning motivation with the result of learning technique drawing. This type of research is ex-post facto. Methods of data collection used questionnaires and documentation. Data analysis technique used quantitative descriptive analysis, first hypothesis test using first multiple regression and second and third hypothesis test using partial correlation test that preceded test requirement analysis, that is normality test, linearity and independence. The results showed that: (1) there was a positive and significant correlation between learning attitudes and vocational learning motivation together with the result of learning technique drawing. (2) There is a positive and significant relationship of learning attitudes with the achievement of learning technique drawing. (3) There is a positive and significant correlation between the motivation of vocational learning with the achievement of learning technique drawing. The value of determinant coefficient (R²) = 0,256, it measn that the correlation between learning attitudes (X1) and vocational learning motivation (X2) toward learning achievement of technical drawing (Y) is 25.6%, while 74.4% is influenced by other factor not discussed in this study.

Kata Kunci


sikap, motivasi, hasil

Article Statistic

Sari view : 46 times
PDF views : 32 times

File PDF yang Anda pilih harus dimuat di sini jika perambah web mempunyai plugin PDF reader diinstall (sebagai contoh: versi sekarang dari Adobe Acrobat Reader).

Alternatif lain, Anda juga bisa mengunduh file PDF langsung ke komputer Anda, dan bisa dibuka dengan menggunakan PDF reader. Untuk mengunduh PDF, klik tautan Unduh di bawah ini

Jika ada membutuhkan informasi lebih lanjut tentang cara mencetak, simpan dan bekerja dengan PDF, menyediakan Highwire Press bantuan Pertanyaan yang sering diajuka mengenai PDF.

Layar Penuh Layar Penuh dimatikan

Teks Lengkap: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##