TECHNOPRENEURSHIP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CLTSMK UNTUK SURVIVAL SKILL SISWA DI SMK

Sigit Purnomo(1*), Muhammad Bruri Triyono(2)
(1) Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
(2) Pendidikan Teknik Mesin, Universitas Negeri Yogyakarta
(*) Corresponding Author
DOI : 10.30738/jtvok.v6i1.2972

Sari

Penelitian ini mengungkapkan: (1) technopreneneurship di SMK terhadap survival skills siswa, (2) manajerial siswa, (3) aspek kreativitas berfikir, dan (4) motivasi belajar siswa jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMKN 2 Depok dan SMK Muhammadiyah 1 Playen.  Penelitian  ini  merupakan  penelitian quasi  eksperimen.  Desainpenelitian mengacu pada model yang dikembangkan oleh Ary Donald et.al. Penelitian ini terdiri dari kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran CLTSMK. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran CLTSMK efektif terhadap pengembangan survival skills siswa (2). Aspek manajerial siswa pada kelas kontrol A kualifikasi “Cukup” sementara kelas eksperimen n kualifikasi “ Baik Sekali”. Manajerial siswa pada kelas kontrol B kualifikasi “Cukup” sementara kelas eksperimen kualifikasi “Baik Sekali” (3) Aspek kreativitas berfikir pada kelas kontrol A kualifikasi “Cukup” sementara kelas eksperimen kualifikasi “Baik Sekali”. Kreativitas  berfikir  pada  kelas  kontrol B  kualifikasi  “Cukup” sementara  kelas  eksperimen kualifikasi “Baik Sekali”. (4). Aspek motivasi belajar pada kelas kontrol A kualifikasi “Kurang” sementara kelas eksperimen kualifikasi “Baik Sekali”. motivasi belajar pada kelas kontrol B kualifikasi “Cukup” sementara kelas eksperimen dengan kualifikasi “Baik Sekali”

Kata Kunci


Thinking Creativity, Student’s managerial, Motivation to learn, Technopreneurship

Article Statistic

Sari view : 98 times
PDF views : 115 times

File PDF yang Anda pilih harus dimuat di sini jika perambah web mempunyai plugin PDF reader diinstall (sebagai contoh: versi sekarang dari Adobe Acrobat Reader).

Alternatif lain, Anda juga bisa mengunduh file PDF langsung ke komputer Anda, dan bisa dibuka dengan menggunakan PDF reader. Untuk mengunduh PDF, klik tautan Unduh di bawah ini

Jika ada membutuhkan informasi lebih lanjut tentang cara mencetak, simpan dan bekerja dengan PDF, menyediakan Highwire Press bantuan Pertanyaan yang sering diajuka mengenai PDF.

Layar Penuh Layar Penuh dimatikan

Teks Lengkap: PDF

How To Cite This :

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##