PEMBELAJARAN TARI KREASI ANAK TUNA GRAHITA RINGAN MELALUI PROSES IMITATIF

Dyan Indah Purnama Sari, Anang Sudigdo, Rizka Diah Amalia

Sari


Abstract : Creation Dance is a cultivation of new dance work made in accordance with the needs of the consumption of the audience and is the result of creative ideas of the choreographer, especially in this study, the created creations dance is the result of the learning of dance art in the PGSD class that is devoted for children with mild mental retardation at SLB Pembina Yogyakarta. This study describes the learning of Creation Dance of Mild Mental Retardation Children through The Imitative Process, This type of research is qualitative descriptive that describes the process of  children creation dance. The data of this research is from the learning of children dance creation through imitative method. According to Sutjihati Somantri, children with mental retardation are children who have below average intellectual ability, whereas children with mild mental reatardation are children who can still do simple work and do it in full. Through this research, it is expected that children with mild mental reatardation can learn creation dance by imitation or imitative method. The source of research data comes from events, places, and behaviors associated with the study. The resource persons are teachers and students with mild mental retardation in SLB Pembina Yogyakarta.



Kata Kunci


Children Creation Dance, Imitative Process, Mild Mental Retardation

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agboola, Alex dan Kaun Chen Tsai. 2012. Bring Character Education into Classroom. European Journal of Educational Research. 1 (2), 163-170.

Aynur Pala. 2011. The Need for Character Education. International Journal of Social Sciences and Humanity Studies, 3 (2), 23-32.

Cahya, Laili S. 2013. Buku Anak Untuk ABK. Yogyakarta: Familia.

Dermawan, Oki. 2013. Pendidikan Karakter Siswa Melalui Ibadah Puasa. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. 8 (2), 229-248.

Dewi, Melina Surya. 2013. Bunga Rampai: Dimensi Kreatif Dalam Pembelajaran Seni Tari. Jakarta: Pascaikj.

Direktorat Akademik. 2008. Pengembangan Soft skill Dalam Proses Pembelajaran Di Perguruan Tinggi. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional diakes 19 Desember 2016 pada

http://www.undana.ac.id/jsmallfib_top/LPMPTBUKUDIKTI/BUKU%20SOFTSKILL.pdf

Innata, Tesa Yesi. 2014. Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Imitasi Dan Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Praktik Tari Siswa Kelas VIII SMP N 1 Kartasura. Pendidikan Seni Tari. Universitas Negeri Yogyakarta diakses 10 Desember 2016 pada http://eprints.uny.ac.id/16049/

Irawati, Retno Purnama. 2013. Bahan Ajar Bahasa Indonesia Tematik Berkarakter dan Berbudaya dengan Sastra Anak Bagi Siswa SD. Jurnal Varia Pendidikan. 25 (2), 157-171.

Kristiati, Yuliana. 2015. Faktor - faktor penghambat Dalam Pembelajaran Seni Tari SMP Negeri 1 Patuk Gunungkidul. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni. UNY diakses 13 Desember 2016 pada http://eprints.uny.ac.id/27373/1/Skripsi%20yuliana.pdf

Lickona, Thomas. 2014. Pendidikan Karakter Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. Bandung: Nusa Media.

Moleong. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhsinin. 2013. Model Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam Untuk Membentuk Karakter Siswa yang Toleran. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. 8 (2), 205-228.

Ratna, Nyoman Kutha. 2014. Peranan Karya Sastra, Seni, dan Budaya dalam Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sari, Bunga Fajar. 2006. Bentuk Kerjasama (Cooperative) Pada Interaksi Sosial Waria. Artikel Penelitian. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma. Jakarta diakses 19 Desember 2016 pada

http://www.gunadarma.ac.id/library/articles/graduate/psychology/2006/Artikel_10500062.pdf

Salahudin, Anas dan Irwanto Alkrienciehe. 2013. Pendidikan Karakter Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa. Bandung: Pustaka Setia.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Triyani. 2013. Interaksi Sosial Anak “Tunagrahita” Di Sdn Kepuhan Bantul (Sd Inklusif). Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Universitas Negeri Yogyakarta diakses 10 Desember 2016 pada http://eprints.uny.ac.id/15823/1/SKRIPSI%20TRIYANI%20.pdf

Wibowo, Agus. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Internalisasi Nilai-nilai Karakter Melalui Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

______________________________________________________________________________________________________________________________________

TRIHAYU Jurnal Pendidikan Ke-SD-an Telah Diindeks Oleh:

    

 

Flag Counter

 

______________________________________________________________________________________________________________________________________

TRIHAYU Jurnal Pendidikan Ke-SD-an

ISSN 2356-5470 (Print)

ISSN 2579-5120 (Online)

Penerbit UST Press