UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV SDN DUKUH 01 SALATIGA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW SEMESTER II TAHUN AJARAN 2015/2016

Sijum Sijum, Y Windrawanto

Sari


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan pada siswa kelas IV SDN Dukuh 01 salatiga Tahun Ajaran 2015/2016. Jumlah siswa sebanyak 34 orang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika menggunakan model jigsaw. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Dalam setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi dan evaluasi. Instrumen pengumpulan data dengan lembar observasi dan tes tertulis pilihan ganda. Teknik analisis data dengan cara persentase untuk data kuantitatif (hasil belajar). Peningkatan hasil belajar siswa terjadi secara bertahap, dimana siswa yang mencapai ketuntasan sebelum tindakan hasil belajar siswa 44%, siklus I 68%, siklus II 88%. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran model jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN Dukuh 01 Salatiga Tahun Ajaran 2015/2016.


Kata Kunci


Meningkatkan Hasil Belajar, Model Jigsaw, Matematika Kelas IV

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Heruman. 2010. Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Paizaluddin dan Ermalinda. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: ALFABETA.

Prihandoko, Antonius C. 2006. Pemahaman dan Penyajian Konsep Matematika Benar dan Menarik. Jakarta: Depdiknas.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajaran.

Suyatno.2008. Menjelajah Pembelajaran Inofatif. (Sidoarjo: Masmedia Buana Pusaka)

Sudjana.Nana.2010. Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosadkarya.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif berorientasi kontruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka Publisher




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/trihayu.v2i3.754

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.30738/trihayu.v2i3.754.g1668

Article Metrics

Sari view : 122 times
PDF - 29 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Creative Commons License
TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu.