UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION KELAS IV SD NEGERI SOKORINI 1 MUNTILAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Widiya Iriyani, B. Kusmanto

Sari


 

            Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan proses pembelajaran matematika menggunakan model kooperatif tipe Group Investigation (GI) agar dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri Sokorini 1 Muntilan Tahun Ajaran 2015/2016 tersebut.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus tindakan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Sokorini 1 Muntilan yang terdiri dari 33 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket, lembar observasi, dan tes. Uji coba instrumen yang dipakai adalah uji coba angket motivasi belajar siswa dan uji coba tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata angket motivasi belajar siswa pada prasiklus sebesar 42,03 meningkat menjadi 57,39 pada siklus I dan pada siklus II naik menjadi 68,94. Sedangkan dari hasil observasi pada prasiklus adalah 37,87% meningkat menjadi 53,03% pada siklus I dan mengalami peningkatan menjadi 60,22% pada siklus II. Prestasi belajar siswa juga meningkat dengan nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 61,6, jumlah ini meningkat pada siklus I dengan rata-rata menjadi 74,74 dan meningkat dengan rata-rata menjadi 80,22 pada siklus II. Kesimpulannya model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika.

 


Kata Kunci


Motivasi, Prestasi Belajar, Group Investigation (GI)

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi aksara.

. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Harwati. 2015. Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar IPA Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigation pada Siswa SD Negeri 2 Ngasinan Bonorowo Kebumen. Skripsi, tidak diterbitkan. Yogyakarta: FKIP UST.

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muthoharoh, Af Ida Nur. 2014. Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Turnament (TGT) Siswa Kelas V SD Negeri Singosaren Bantul. Skripsi, tidak diterbitkan. Yogyakarta: FKIP UST.

Purwanto.2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pemeblajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Uno, Hamzah B. 2013. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/trihayu.v3i2.904

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.30738/trihayu.v3i2.904.g733

Article Metrics

Sari view : 144 times
PDF - 138 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Creative Commons License
TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/trihayu.