Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Jurnal UNION akan menerbitkan naskah-naskah ilmiah dalam cakupan bidang Pendidikan Matematika. Tulisan dapat berupa diseminasi hasil penelitian, telaah pustaka ilmiah yang komprehensif atau resensi dari buku ilmiah. Tulisan belum pernah dipublikasikan dan tidak sedang dipertimbangkan untuk dipublikasikan di jurnal lain. Secara keseluruhan, naskah harus memuat abstrak, pendahuluan, metode penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan serta pustaka. Artikel dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Penulisan naskah menggunakan MS Word.

 

Kebijakan Bagian

Artikel

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

  1. Artikel yang masuk disunting oleh reviewer yang sesuai dengan bidang keilmuan reviewer
  2. Penulis dan reviewer mampu melakukan komunikasi langsung
  3. Editor bertindak sebagai moderator antara penulis dan reviewer,
  4. Penulis tidak tahu siapa yang mereview naskah, tapi Pengulas bisa tahu siapa yang penulis jika redaksi memberikan izin.
  5. Reviewer adalah dosen, dan memiliki gelar doktor atau telah memeiliki googlescholar-id.

 

Frekuensi Penerbitan

Jurnal UNION terbit tiap empat bulan sekali (setahun 3 kali) yaitu pada bulan Maret, Juli, dan November. Jurnal UNION menerbitkan 10 - 15 artikel setiap Terbitan.

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.

 

Pengarsipan

OJS sistem LOCKSS berfungsi sebagai sistem pengarsipan terdistribusi antar-perpustakaan yang menggunakan sistem ini dengan tujuan membuat arsip permanen (untuk preservasi dan restorasi). Lanjut...