IMPLEMENTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN DITINJAU DARI HASIL BELAJAR

Hermanus Iwan Putra, Anton Nasrullah

Sari


Upaya yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan hasil belajar matematika adalah dengan memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Salah satu metode pembelajaran adalah dengan menggunakan pendekatan PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran matematika dengan pendekatan PAKEM terhadap hasil belajar siswa, dan untuk mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode quasi-experiment desain yang digunakan adalah non-equivalent control group. Pada desain ini, kelompok kelas yang sudah ada kemudian dipilih secara tidak acak untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran matematika dengan menggunakan PAKEM sedangkan kelas kontol diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian adalah siswa yang memperoleh pembelajaran matematika dengan pendekatan PAKEM lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Selanjutnya siswa pada umumnya menunjukkan sikap yang positif terhadap pembelajaran matematika dengan pendekatan PAKEM.

Kata Kunci


aktif, efektif, kreatif, hasil belajar, menyenangkan, sikap

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asmani, Jamal Ma’mur. (2011). 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan menyenangkan). Jogjakarta: Diva Pers.

Ayu, I., Kemenuh, R., Agustini, K., & Arthana, I. K. R. (2016). Studi Komparatif Pengaruh Model Pembelajaran ICARE dan PAKEM terhadap Hasil Belajar TIK Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sawan Tahun Ajaran 2015 / 2016. KARMAPATI. 5; 1‑10.

Cahyani, I. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis dengan Model PAKEM melalui Teknik Menjadi Wartawan Junior di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sains Sosial dan Kemanusiaan. 8(1); 39‑54.

Johnson, B., & Christensen, L. (2008). Educational research: quantitative, qualitative and mixed approach (3ed). Thousand Oaks. California: Sage Publiction. Inc. Rd

Kiryakova, A. V, Tretiakov, A. N., Kolga, V. V, Piralova, O. F., & Dzhamalova, B. B. (2016). Experimental Study of the Effectiveness of College Students’ Vocational Training in Conditions of Social Partnership. 11(3); 457‑466.

Kussavita, R. (2007). Aplikasi Pakem (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Menyenangkan) Model Rancangan Alat untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ambarawa. FKIP UNS.

Rede, A. (2010). Peningkatan Kecakapan Sosial Siswa Sekolah Dasar melalui Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmu Pendidikan. 18 (2); 142‑149.

Rifqiyana, L., & Susilo, B. E. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII dengan Pembelajaran Model 4K Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education. 5(2); 09-117

Rudhito, A. M. & Budi Prasetyo, A.,D. (2013). Pengembangan Soal Matematika Model TIMSS untuk Mendukung Pembelajaran Matematika SMP Kelas VII Kurikulum 2013. Jurnal Kependidikan. (1); 88‑97.

Ruseffendi, E. T. (2009). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Ruseffendi, E.T. (2009). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk CBSA. Bandung: Tarsito.

Saptaningrum, E & Kusdaryani, W. (2010). Model PAKEM melalui Pendekatan Tematik untuk Pembelajaran Sains SD. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika (JP2F). 1(1); 92‑104.

Slameto. (2007). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumartono, T. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) terhadap Hasil Belajar Passing Bawah Bola Voli, Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan. 1(2); 483‑486.

Untayana, J., & Harta, I. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Limit Berbasis Pendekatan Saintifik Berorientasi Prestasi Belajar dan Kemampuan Komunikasi Matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. 3(1); 45-54.

Wangi, S. R., Winarti, E. R., & Kharis, M. (2016). Penerapan Model Pembelajaran CTL dengan Strategi React Belajar. Unnes Journal of Mathematics Education. 5 (1); 1‑7.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/.v5i2.1073

Article Metrics

Sari view : 472 times
PDF - 347 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lihat Statistik