Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Menumbuhkan Metakognisi dan Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa di Kelas VIII MTsN Jakarta

Kumulus Krestiwi

Sari


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai Ujian Nasional matematika siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri Jakarta jika dibandingkan dengan siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri Jakarta. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dan gender terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dan metakognisi siswa. Penelitian dilakukan di MTs Negeri 5 Jakarta kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian metode eksperimen semu (quasi experiment). Data diperoleh melalui pretes dan postes kemampuan berpikir kreatif matematis serta instrumen non tes metakognisi. Tes analisis varian dua jalur (Anava 2 jalur) dilakukan untuk mengetahui adanya interaksi pada N-gain kemampuan berpikir kreatif matematis dan skor metakognisi. Pengujian hipotesis dilakukan pada α= 0.5 melalui program SPSS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajar menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar menggunakan model konvensional (2) tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan gender terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa  (3) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa laki-laki yang diajar menggunakan model PBM lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki yang diajar menggunakan model konvensional (4) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa perempuan yang diajar menggunakan model PBM lebih tinggi dibandingkan siswa perempuan yang diajar menggunakan model konvensional (5) kemampuan metakognisi siswa yang diajar menggunakan model PBM lebih tinggi dibandingkan siswa yang diajar menggunakan model konvensional (6) tidak ada pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan gender terhadap kemampuan metakognisi siswa (7) kemampuan metakognisi siswa laki-laki yang diajar menggunakan model PBM lebih tinggi dibandingkan siswa laki-laki yang diajar menggunakan model konvensional (8) kemampuan metakognisi siswa perempuan yang diajar menggunakan model PBM lebih tinggi dibandingkan siswa perempuan yang diajar menggunakan model konvensional.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amir, M. Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenadamedia Group.

Anwar, M. Nadeem dkk. 2012. “Relationship of Creative Thinking with the Academic Achievements of Secondary School Students”. International Interdisciplinary Journal of Secondary School Students: Volume 1, Issue 3, pp. 44-47.

Beetlestone, Florence. 1998. CREATIVE LEARNING: Strategi Pembelajaran untuk Melesatkan Kreatifitas Siswa. Bandung: Nusa Media.

Dan, Qi & Xie, Jinxing. 2011. “Mathematical Modelling Skills and Creative Thinking Levels: An Experimental Study”. Springer Science+Busniness Media, pp. 457-466.

Fennema, E & Leder, G.C. 1990. Mathematics and Gender. New York: Teacher s College Press.

Lestari, K. Eka & Ridwan. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Munandar, Utami. 2002. Kreativitas dan Keterbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Panaoura, Areti & Philippou, George. 2004. “The Construct Validity of An Inventory for The Measurement of Young Pupils’ Metacognitive Abilities in Mathematics”. European Research in Mathematics Education III, pp. 437-444.

Prasetiyo, Anton D. & Mubarokah, Lailatul. 2014. “Berpikir Kreatif Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berdasar Masalah Matematika”. Jurnal Penelitian Matematika STKIP PGRI I Sidoarjo: Vol. 2 No. 1, Hal: 9-18.

Puccio, G.J., & Murdock, M.C. 1999. Creativity Assesment: Readings and Resources. Buffalo, NY: Creative Education Foundation.

Pujiadi. 2008. “Pengaruh Model Pembelajaran Matematika Creative Problem Solving (CPS) Berbantuan CD Interaktif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Siswa SMA Kelas X”. Tesis, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Daftar Peringkat SMP Negeri/Swasta dan MTs Negeri/Swasta Terbaik serta Favorit di Jakarta Utara Berdasarkan Rangking Hasil Nilai UN. [Online]. Tersedia: http://litbang.kemdikbud.go.id. [20Juli 2016]

Zhu. 2007. “Gender Differences in Mathematical Problem Solving Patterns: A Review of Literature”. International Education Journal, pp.187-203


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lihat Statistik