EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN EXAMPLE NON EXAMPLE TERHADAP PRESTASI BELAJAR UNTUK SISWA KELAS VIII DI MTS NEGERI 7 GUNUNGKIDUL

ika fitri kumala sari, I Nyoman Arcana

Sari


Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui seberapa efektif model  Problem based Learning dengan example non example, (2) untuk mengetahui  apakah penggunaan model pembelajaran Problem based Learning dengan example non example lebih efektif dibandingkan dengan penggunaan model Problem based Learning tanpa example non example terhadap prestasi belajar materi kubus dan balok untuk siswa kelas VIII MTs Negeri 7 Gunungkidul tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Instrument yang digunakan adalah tes prestasi belajar. Data dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem based Learning dengan example non example dengan rerata 82,33 termasuk dalam kategori tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem based Learning dengan example non example lebih efektif dibanding dengan model pembelajaran Problem based Learning tanpa example non example dalam meningkatkan prestasi belajar matematika. Hal ini ditunjukkan pada hasil uji-t dengan thitung = 2,832 > ttabel = 2,010635. 


Kata Kunci


Problem based Learning, example non example, kubus dan balok

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prakttik Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

DEPDIKNAS. (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV Pustaka Setia

Huda, M. (2013). Model – Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Saputra, H. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Teknik Listrik Dasar Otomototif Siswa Kelas X Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Muhammadiyah 1 Moyudan Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. (Vol. 4 No. 2 (2016)). Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Diakses dari jurnal.ustjogja.ac.id. Tanggal akses 6 Juli 2017.

Sugiyono. (2011).MetodePenelitianPendidikan : PendekatanKuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sujatmika, S. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Gaya Belajar Dan Kemandirian. (Vol. 2 No. 1 (2016)). Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Diakses dari jurnal.ustjogja.ac.id. Tanggal akses 6 Juli 2017.

Widodo, S. A. (2013). Implementasi Team Teaching Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Kelas X Se-Kota Yogyakarta Pada Materi Trigonometri. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1).

Wenno I. (2008). Strategi Belajar Mengajar Sains Berbasis Kontekstual. Yogyakarta : Inti Media


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lihat Statistik