PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 PADA POKOK BAHASAN TRIGONOMETRI DI SMK

Nur Ani Lestari, Istiqomah Istiqomah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan multimedia pembelajaran kurikulum 2013 pada materi trigonometri subbab perbandingan trigonometri, (2) mengetahui kelayakan multimedia pembelajaran kurikulum 2013 pada materi trigonometri subbab perbandingan trigonometri.Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan, yaitu suatu penelitian yanng berorientasi pada pengembangan produk pembelajaran. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini mengikuti prosedur pengembangan sederhana yang disarankan oleh Borg & Gall yang terdiri dari lima langkah, yaitu (1) analisis produk yang akan dikembangkan, (2) pengembangan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi produk, (4) ujicoba terbatas dan revisi produk, (5) ujicoba utama dan revisi produk akhir.Penelitian ini menghasilkan produk berupa multimedia pembelajaran dengan judul “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Kurikulum 2013 pada Pokok Bahasan Trigonometri di SMK” yang dikemas dalam Compact Disk (CD). Hasil pengujian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran kurikulum 2013 layak digunakan. Kelayakan didukung oleh rata-rata skor media 63 (baik), skor rata-rata materi 55 (baik),skor angket respon siswa dari 26 siswa di SMK N 1 Pengasih dengan rata-rata 70,115 (baik) dan adanya korelasi yang tinggi (r = 0,668) antara skor angket respon siswa dengan skor hasil tes belajar siswa yang artinya ada hubungan yang searah antara skor angket siswa dengan skor tes hasil belajar siswa. Ciri khas dari multimedia pembelajaran ini adalah penggunaan submenu yang sesuai dengan pendekatan Saintifik dalam kurikulum 2013.


Kata Kunci


Multimedia; Kurikulum 2013;Trigonometri

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Daryanto. 2010. Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

DIKTI. 2005. Bahan Pelatihan Penelitian Untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. DIKTI: Jakarta.

Imam Prasetyo. 2016. “Pengembangan Multimedia Bilingual Untuk Pembelajaran Mandiri Pokok Bahasan Geometri di SMA,” Jurnal, tidak diterbitkan. Yogyakarta: FKIP UST.

Kementrian Pendidikan dan Budaya. 2014. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan.

Kintoko. 2015. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbantuan Komputer Dengan Lectora Authoring Tools Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP/MTs,” Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika (Vol. 3 Nomor 2). Hlm. 167-178.

Krismanto, Al. 2008. Pembelajaran Trigonometri SMA. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Mualdin Sinurat. 2015. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Berbantuan Program Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematik Siswa SMP,” Jurnal Tabularasa (Vol. 12 Nomor 2).

Muhammad Istiqlal. 2013. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika SMA Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Materi Logika Matematika,” Jurnal Pythagoras (Vol. 8 Nomor 2). Hlm. 44-54.

Munir. 2012. Multimedia: Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nanang Khuzaini. 2014. “ Pengembangan Multimedia Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash CS3 Untuk Pembelajaran Matematika Siswa SMA Kelas X Semester II Materi Pokok Trigonometri,” Jurnal AgriSains (Vol. 5 Nomor 2).

Permendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 70 Tahun 2013 Tentang Kerangkan Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan. Tersedia:https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud70-2013KD-StrukturKurikulum-SMK-MAK.pdf. (diakses 17 Februari 2017)

Permendikbud. 2014. Lampiran Permendikbud No. 103 Pasal 2 ayat 8 Tahun 2014. Tersedia:http://pgsd.uad.ac.id/wp-content/uploads/lampiran-permendikbud-no-103-tahun-2014.pdf (diakses 17 Februari 2017)

Soenarto. 2005. “Metodologi Penelitian Pengembangan Untuk Penelitian Kualitas Pembelajaran (Research Methodology to the Improvement of Instruction)”. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Yudha Prihadi. 2014. “Pengembanan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Pokok Bahasan Trigonometri Untuk SMA Kelas X,” Skripsi, tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/.v5i3.1402

Article Metrics

Sari view : 185 times
PDF - 96 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lihat Statistik