PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MEMBANGUN KARAKTER BANGSA

Trisno Ikhwanudin

Sari


Masyarakat Cirebon sangat familier dengan pesan atau wasiat dari Sunan Gunung Jati. Pesan tersebut berbunyi sebagai berikut: ”Ingsun Titip Tajug lan Fakir Miskin”. Dalam artikel ini didiskusikan makna dari pesan atau wasiat tersebut dalam perspektif Pendidikan Matematika dan Pendidikan Karakter. Dalam Pendidikan Matematika pesan ini akan dielaborasi dalam konsep barisan dan formula sedekah sedangkan dalam pendidikan karakter pesan ini akan dilihat dari perspektif sikap spiritual dan sikap sosial. Melalui perspektif ini, pendidikan matematika dan karakter di sekolah diharapkan dapat dikaitkan dengan local wisdom sehingga kegiatan pembelajaran lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa.


Kata Kunci


Pesan Sunan Gunung Jati, Pendidikan Matematika, Pendididikan Karakter

Referensi


Jamal, A. & McKinnon, H. (2008). The Power of Giving. New York: Penguin Group.

Anonim. Nilai sedekah akan diberikan ganjaran 700 kali lipat, https://riyadhohayatkursi.wordpress.com/tag/nilai-sedekah-akan-diberikan-ganjaran-700-kali-lipat/, diakses tanggal 12 April2017

Hasan, Al. Wasiat Sunan Gunung Jati, http://alhasan710.blogspot.co.id/p/wasiat-sunan-gunung-jati.html, diakses tanggal 12 April 2017.

Ziadah, Ophi. Ingsun Titip Tajug Lan Fakir Miskin, http://www.ophiziadah.com/2014/08/ingsun-titip-tajug-lan-fakir-miskin.html, diakses tanggal 12 April 2017.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lihat Statistik