Penerapan Permainan Interaktif Geocaching Untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Belajar Sebagai Inovasi Baru Pembelajaran Matematika

casnan casnan, Asep Mahpudin, Evan Farhan Wahyu Puadi

Sari


Permainan interaktif “Geocaching” adalah media pembelajaran inovatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar Matematika di tingkat SMA. Untuk menguji hal tersebut, penelitian ini dilakukan dalam bentuk penelitian kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest one group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA di lingkungan kota, terbiasa menggunakan teknologi dan memiliki kemampuan kognisi dari rentang sedang hingga tinggi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar matematika siswa.  Hasil analisis data menggunakan uji – t untuk sampel berpasangan diperoleh Sig.     (2-tailed) = 0,000 < α = 0,05, hal ini menunjukan bahwa media pembelajaran Geocaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran matematika.

Kata Kunci


Permainan Interaktif “Geochacing”, Pembelajaran Matematika, Motivasi Siswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto,S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Budiyono. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Solo: UNS Press.

Darkasyi, Muhammad, Rahmah Johar, and Anizar Ahmad. 2014. “Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Motivasi Siswa Dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning Pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe.” Jurnal Diktatik Matematika 1:21–34.

Dimitrov, M Dimiter, Rumrill, Philip. 2003. Pretest-posttest Designs and Measurement of Change. IOS Press.

Hamdu, Ghullam and Lisa Agustina. 2011. “Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar Ipa Di Sekolah Dasar (Studi Kasus Terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya).” Jurnal Penelitian Pendidikan 12(1):81–86.

Herawati, DD, D. Wahyuni, and J. Prihatin. 2014. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht (Numbered Head Together) Dengan Media Komik Pada Materi Pengelolaan.” Pancaran Pendidikan. Retrieved (http://jurnal.unej.ac.id/index.php /pancaran/article/view/764).

Keke T. Aritonang. 2008. “Minat Dan Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Penabur 7(10):11–21.

Mahmuda Lailatul. (2008). Pengembangan Permainan Sebagai Media Pembelajaran. Yogyakarta: STMIK Amikom Yogyakarta.

Purwanto, Rudy. 2011. “Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Sistem Koordinasi Melalui Metode Pembelajaran Teaching Game Team Terhadap Siswa Kelas XI IPA SMA Smart Ekselensia Indonesia Tahun Ajaran 2010-2011.” Jurnal Pendidikan Dompet Dhuafa 1:1–14.

Vivi Triyanti dan Christine Natalia. 2011. Perancangan Permainan Interaktif Sebagai Alat Untuk Memperkenalkan Dunia Industri Pada Siswa SMA. Jakarta. Jurnal Teknik Industri, Trisakti. Vol 1 (2) 146-154.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lihat Statistik