PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR DENGAN MODEL NITENI, NIROKKE, NAMBAHI KELAS X SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Nanik Dwi Lestari, Benedictus Kusmanto

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas X MMA SMK Muhammadiyah Prambanan dengan model Niteni, Nirokke, Nambahi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MMA. Objek penelitian adalah keseluruhan proses pada penerapan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran Niteni, Nirokke, Nambahi pada pelajaran matematika di kelas tersebut. Pengumpulan data menggunakan lembar angket dan tes evaluasi untuk mengetahui perubahan yang terjadi sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif rata-rata dan persentase. Persentase rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus 1 sebesar 68,90% meningkat menjadi 85,06% pada siklus 2. Sedangkan rata-rata prestasi belajar siswa pada siklus 1 sebesar 80,00 meningkat menjadi 81,67 pada siklus 2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Niteni, Nirokke, Nambahi dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar matematika siswa kelas X SMK Muhammadiyah Prambanan tahun ajaran 2017/2018.


Kata Kunci


Motivasi; Prestasi Belajar; Model Niteni, Nirokke, Nambahi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdurrahman, Mulyono. 2002. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arkunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Astuti, Endang Sri. 2010. Bahan Dasar Untuk Pelayanan Konseling pada Satuan Pendidikan Menengah Jilid I. Jakarta: Grasindo.

Rozak, Abdul dan Wardina. 2014. Pengaruh Teknik 3N (Niteni, Niroake, Nambahi) Ki Hadjar Dewantara Terhadap Kemampuan Menulis Narasi Siswa. Cirebon: Arsip Repository FKIP Unswagati.

Soedjadi. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Surakhmad, Winarno. 1982. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung: Tarsito.

Suroso. 2011. Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Tentang Belajar dan Pembelajaran. Salatiga: Scholaria Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol. 1 No. 1. Mei 2011: 46-72.

TIM Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/.v6i1.2044

Article Metrics

Sari view : 271 times
PDF - 196 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lihat Statistik