Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Pokok Bahasan Kubus

Alfian Multi Amrullah, Tri Astuti Arigiyati

Sari


The purpose of the research are to find out the percentage of concept error, prosedur error, computation error, and the most dominant error in resolving the problem description of cube discussion subject VII A grade students MTs Negeri Ngablak The object of this research is student’s mistake in resolving the problem description of the set discussion subject. The type of this research is qualitative descriptive research. Data collection technique uses test technique and interview technique. Test Instrument in this research have 5 description problem test. The result of research indicate descriptively that students of MTs Negeri Ngablak undertake the average of concept error 67,77%, the average of procedure error 51,96%, and the average of computation error 28,41% with low category. The most dominant mistake type in resolving the problem which is done by VII A students MTs Negeri Ngablak is concept error. 

Kata Kunci


error analysis, description problem, set

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agatha Widhi Budhiarti, dkk. (2013). Modul Matematika Kelas VII Semester 1 dan 2. Semarang : Yayasan Pangudi Luhur.

Hamzah Ali, Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta : RajaGrafindo Persada.

Arikunto, S, (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara

Yuliani, E. (2015). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Persamaan Linear Satu Variabel Siswa Kelas VII SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. UST Yogyakarta.

Hamzah, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta : Rajagrafindo: Persada.

Muliawan, J.U. (2014). Metodelogi Penelitian Pendidikan Dengan Studi Kasus. Yogyakarta : Gva Media

Moleong, L.J. (2016). Metodologi Penelitian Kuallitatif edisi Revisi. Bandung : Rosdakarya

Muliana Sayekti. 2015. Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Prambanan Sleman Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi. UST Yogyakarta

Istiqomah, N. (2016). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Siswa Kelas XI Smk Tamtama Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Siswo Prayitno Hadi Podo, dkk. 2012. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Edisi Baru. Jakarta : Tim Pustaka Phoenix.

Yulius Umbu lele. 2012. Analisis Kesalahan Memahami Trapezium Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika. Skripsi, Tidak Diterbitkan. Yogyakarta : FKIP UST.

Arifin, Z. 2014. Penelitian Pendidikan Metode Dan Paradigma Baru. Bandung:Rosdakarya

Widodo, S. A. (2013). Analisis kesalahan dalam pemecahan masalah divergensi tipe membuktikan pada mahasiswa matematika. Jurnal pendidikan dan pengajaran, 46(2 Juli).

Widodo, S. A. (2014). Kesalahan Dalam Pemecahan Masalah Divergensi Pada Mahasiswa Matematika. AdMathEdu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan, 4(1).

Widodo, S. A., & Sujadi, A. A. (2015). Analisis kesalahan mahasiswa dalam memecahkan masalah trigonometri. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/.v6i2.2162

Article Metrics

Sari view : 124 times
PDF - 112 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lihat Statistik