Pemodelan Matematika Untuk Belajar Aljabar

Diah Dwi Santri, Yusuf Hartono, Somakim Somakim

Sari


Penelitian ini menghasilkan sebuah lintasan belajar menggunakan pemodelan matematika yang dapat membantu siswa memahami konsep aljabar. Oleh karena itu, desain reseacrh dipilih sebagai metode penelitian yang dapat memformulasikan dan mengembangkan teori pembelajaran lokal dalam pembelajaran aljabar. Lintasan belajar didesain pada tahap awal dan di coba dengan 34 orang siswa kelas VII SMP N 10 Palembang. Hasil yang didapat pada penelitian ini yaitu lintasan belajar yang  terdiri dari 3 aktivitas menggunakan pemodelan matematika, aktivitas 1 memahami bentuk aljabar, aktivitas 2 penjumlahan aljabar dan aktivitas 3 pengurangan aljabar. Dari aktivitas yang dihasilkan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan pemodelan matematika dapat membantu siswa menyelesaikan masalah dan memahami konsep secara terstruktur menggunakan asumsi dan model yang mereka rancang sendiri sehingga bertahap berkembang ke formal matematika. 

 


Kata Kunci


Desain Research, Aljabar, Pemodelan Matematika

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akker, J.V.D., Gravemeijer, K., McKenney, S., & Nieveen, N. (2006). Educational Design Research. London: Routledge Taylor and Francis Group.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives. NY: Longman.

Bakker, A. (2004). Design Research in Statistics Education: On Symbolizing and Computer Tools (Doctoral dissertation).

Blum, W., Galbraith, P.L., Henn, H. W., & Niss, M. (2007). Modelling and Applications in Mathematics Education. The 14th ICMI Study. NY: Springer Science and Business Media.

Choike, J. R. (2000). Teaching Strategies for Algebra for All. Mathematics Teacher. 93(7), 556-560.

Gravemeijer, K. (2004). Local Instructional Theories as Means of Support for Teachers in Reform Mathematics Education. Mathematical Thinking and Learning. 6(2), 105-128.

Gravemeijer, K., & van Eerde, D.V. (2009). Design Research as a Means for Building a Knowledge Base for Teachers and Teaching in Mathematics Education. The Elementary School Journal. 109(5), 510-524.

McClung, L. W. (1998). A Study on the Use of Manipulatives and Their Effect on Student Achievement in a High School Algebra I Class. Thesis.

Negeri, S. (2011). Jurus Jitu Meningkatan Kreativitas Siswa Menyelesaikan Soal Faktorisasi Bentuk Aljabar Menggunakan Potongan Kertas Persegipanjang Siswa Kelas VIII C SMP N 1 Paliyan Gunungkidul Tahun Pelajaran 2011/2012. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta.

Rani, M. (2016). Analisis Kesulitan Siswa Kelas VII pada Materi Bentuk Aljabar di MTsN 2 Banda Aceh. Skripsi. Universitas Syiah Kuala Aceh.

Romberg, T. A., & Kaput, J. J. (1999). Mathematic Worth. New Jersey: Larence Elbraum, Inc.

Selvia, F. R., Darmawijoyo, D., & Yusuf, M. (2014). Penerapan Pembelajaran Pemodelan Matematika Menggunakan Pendekatan Konstruktivisme terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah untuk Siswa Kelas VIII SMP. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1).

Turmudi, Hidayat, A. S., Prabawanto, S., & Aljupri. (2014). Pengembangan Pembelajaran Matematika dengan Pemodelan (Mathematical Modeling) Berbasis Realistik untuk Mahasiswa. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(1), 1-18.

Wardhani, S. (2004). Permasalahan Kontekstual Mengenalkan Bentuk Aljabar di SMP. Yogyakarta: Depdiknas, Dirjen Dikdasmen P3GM.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v6i3.2201

Article Metrics

Sari view : 302 times
PDF - 97 times

Refbacks



##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lihat Statistik