Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Siswa

Ibnu Rizki Wardhana, Moch Lutfianto

Sari


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa yang memiliki kemampuan matematika dari tinggi sampai rendah. Selain itu, akan ditelaah capaian kemampuan siswa pada setiap karakteristik yang muncul. Jenis penelitian ini adalah deskripsi kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN di kota Jombang dengan ukuran sampel yaitu siswa yang berkemampuan rendah yang diambil dari nilai matematika siswa pada bab SPLDV. Variabel dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi siswa. Data diperoleh dengan proses pengerjaan soal dan wawancara per individu. Hasil analisis data menunjukkan bahwa adanya perbedaan antara komunikasi matematis lisan dan tulisan. Komunikasi matematis dalam bentuk lisan digolongkan berdasarkan keakuratan, kelengkapan, dan kelancaran penjelasan jawaban. Sedangkan kemammpuan komunikasi dalam bentuk tulisan digolongkan berdasarkan keakuratan, kelengkapan, dan kesistematisan jawaban. Terungkap bahwa dari masing-masing subjek menunjukkan capaian yang berbeda tiap karakteristik baik lisan maupun tulisan. Subyek penelitian menunjukkan adanya perbedaan dalam kemampuan komunikasi matematika saat berkomunikasi.


Kata Kunci


Komunikasi matematika, kemampuan komunikasi matematis, kemampuan matematika

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ansari, B. I. (2016). Komunikasi Matematik, Strategi Berpikir, dan Manajemen Belajar : Konsep dan Aplikasi. Banda Aceh:PeNa

Baroody, A.J. (1993). Problem Solving, Reasoning, and Communicating. New York: Macmillan Publising.

Creswell, J. W. (2013). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan. Mixed. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Dewi, I. (2014). Profil Keakuratan Komunikasi Matematis Mahasiswa Calon Guru Ditinjau dari Perbedaan Gender.Jurnal Didaktika, 1(2), hlm. 1-12

Fatimah, F. (2015). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Melalui Problem Based-Learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

Lanani, K. (2013). Belajar Berkomunikasi dan Komunikasi untuk Belajar dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 2(1), 13-25.

Priyanto, M.A. (2017). Karakteristik Komunikasi Matematika Guru Dalam Mengajar Siswa Berkemampuan Rendah. Surabaya.

Purnama, I. L., & Aldila, E. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Complete Sentence dan Team Quiz. Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 27-42.

Purwandari, A. S., Astuti, M. D., & Yuliani, A. (2018). Evaluasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(1), 55-62.

Ramellan, P., Musdi, E., Armiati. (2012). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Pembelajaran Interaktif. Jurnal Pendidikan Matematika Vol.1 No. 1 Part 2 : 77-82

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suhaedi, D. (2012). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. In Makalah dipresentasikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, Yogyakarta, FMIPA UNY (Vol. 10, pp. 191-202).

Utami, N.P. (2014). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas XI IPA SMAN 2 PAINEN Melalui Penerapan Pembelajaran TPS. Jurnal Pendidikan Matematika Vol.3 No.1

Zahri, M. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Calon Guru. Prosiding Seminar Nasional Matematika Universitas PGRI Semarang




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/.v6i2.2213

Article Metrics

Sari view : 387 times
PDF - 190 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lihat Statistik