Desain Pengembangan Modul Pemahaman Konsep Berbasis Metode Penemuan Terbimbing

Sukmana Larasati

Sari


Pemahaman konsep merupakan salah satu kemahiran matematika yang diharapkan dapat tercapai dalam belajar matematika yaitu dengan menunjukkan pemahaman konsep matematika yang dipelajarinya, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep dalam pemecahan masalah. Pembelajaran dengan penemuan terbimbing dapat membimbing siswa untuk mengkonstruk dan memahami konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa modul pemahaman konsep berbasis metode penemuan terbimbing. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Design Research tipe Development Study. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah 6 Yogykarta. Pada penelitian ini peneliti pada tahapan desain produk atau prototype awal untuk selanjutkan akan dilanjutkan penelitian pada tahap expert, small group dan field test.  


Kata Kunci


modul; pemahaman konsep; penemuan terbimbing

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Karim, A. (2011). Penerapan metode penemuan terbimbing dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan.

Khomsiatun, S., & Retnawati, H. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 92-106.

Kurniawan, A. D. (2013). Metode Inkuiri Terbimbing dalam Pembuatan Media Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kreativitas Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1).

Larasati, S., (2017). Analisis Kebutuhan Buku Ajar Matematika Siswa Sma Kelas X. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, “Inovasi Matematika dan Pendidikan Matematika dalam Tantangan Global”

Melisa, M. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Penemuan Terbimbing Yang Valid Pada Perkuliahan Kalkulus Peubah Banyak I. LEMMA, 1(2).

Murizal, A. (2012). Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1).

Nizarwati, N., Hartono, Y., & Aisyah, N. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Konstruktivisme untuk Mengajarkan Konsep Perbandingan Trigonometri Siswa Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).

Nurhayati, N. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Kontekstual Melalui Metode Guided Discovery Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(1), 31-44.

Plomp, T., & Nieveen, N. (2013) Educational Design Research. Illustrative Cases.

Prahmana, R.C.I. (2017). Design Research (Teori dan Implementasinya : Suatu Pengantar). Depok: Rajalawi Pers.

Rizta, A., Siroj, R. A., & Novaliana, R. (2016). Pengembangan Modul Materi Lingkaran Berbasis Discovery Untuk Siswa SMP. Jurnal Elemen, 2(1).

Sintawati, M. (2017). Pengembangan Modul Berbasis Penemuan Terbimbing Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Bagi Mahasiswa PGSD UAD. JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 3(2), 24-33

Suwangsih, E., Putri, H. E., Widodo, S., & Ikhwanudin, T. (2018). Pengembangan Model Pembelajaran Konsep Bilangan Bagi Anak Dengan Mathematics Learning Disability di Sekolah Dasar Inklusi. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(1), 1-18.

Tessmer, Martin (1993). Planning and Conducting Formative Evaluation. Philadelphia : Kogan Page

Sumarmo, U., Hidayat, W., Zukarnaen, R., Hamidah, M., & Sariningsih, R. (2012). Kemampuan dan Disposisi Berpikir Logis, Kritis, dan Kreatif Matematik (Eksperimen terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Think-Talk-Write). Jurnal Pengajaran MIPA, 17(1), 17-33.

Yuliyanto, Y., & Jailani, J. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran geometri SMP menggunakan metode penemuan terbimbing pada kelas VIII Semester II. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 127-138.

Zulkardi, Z. (2002). Developing a learning environment on realistic mathematics education for Indonesian student teachers. University of Twente.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/.v6i2.2224

Article Metrics

Sari view : 216 times
PDF - 209 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

Lihat Statistik